ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Mekanisme Baru dalam Penentuan Dosen Pembimbing Akademik

Home >Berita >Mekanisme Baru dalam Penentuan Dosen Pembimbing Akademik
Diposting : Selasa, 15 Dec 2020, 11:03:04 | Dilihat : 479 kali
Mekanisme Baru dalam Penentuan Dosen Pembimbing Akademik


Sebanyak 1357 mahasiswa baru Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember angkatan 2020/2021 pekan kemarin melaksanakan Ujian Komprehensif untuk Mapping Perwalian Akademik. Ujian tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-4 Desember 2020 secara online. Ujian dilakukan melaui video call WhatsApp atau aplikasinya lainnya sesuai kesepakatan mahasiswa dengan dosen penguji.

Dalam ujian ini mahasiswa diuji untuk memetakan tingkat pengusaan mahasiswa berkaitan dengan kemampuan membaca, menulis, dan menghafal al-Qur’an serta pemahaman tentang ke-Islaman Dasar. Hasil pemetaan ini nantinya akan ditindaklanjuti untuk menentukan Dosen Pembimbing Akademik (DPA) yang tepat bagi mahasiswa.

Mursalim selaku ketua Tim Gugus Penjaminan Mutu FTIK menjelaskan bahwa pemilihan DPA tidak bisa dilakukan secara asal-asalan mengingat perwalian akademik berperan penting dalam membimbing dan mengarahkan mahasiswa untuk menjadi lulusan yang berkualitas.

Mashudi selaku Wadek I juga menegaskan bahwa ujian ini penting untuk memetakan input mahasiswa yang dijadikan dasar untuk memilihkan DPA yang sekiranya dapat membantu mahasiswa untuk menuntaskan semua tagihan mutu sehingga studi mahasiswa dapat berjalan dengan baik. 

Meskipun ujian komprehensif untuk mapping perwalian akademik ini merupakan mekanisme baru di FTIK namun pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik. “Alhamdulillah pelaksanaanya berjalan lancar” tutur Nino selaku anggota Tim Gugus Penjaminan Mutu yang bertugas melaksanakan ujian tersebut. (Indrianto)

;