ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Orientasi Mahasiswa PPG Angkatan II

Home >Berita >Orientasi Mahasiswa PPG Angkatan II
Diposting : Senin, 23 Aug 2021, 10:10:02 | Dilihat : 660 kali
Orientasi Mahasiswa PPG Angkatan II


Sabtu/21/8/2021/FTIK UIN KHAS Jember, melaksankan Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan kedua Tahun 2021 melalui via aplikasi zoom meeting. Acara tersebut diisi oleh narasumber Wakil Ketua Panitia Nasional UKMPPG yang juga selaku dosen di Universitas Negeri Malang, Bapak Dr. Subanji, M.Si.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan FTIK Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I “kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Kampus hijau UIN KHAS Jember, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan walau secara virtual, anggaplah kita berada di Kampus secara langsung. Penempatan Mahasiswa PPG ini ditentukan oleh Kementerian Agama RI, direktorat PAI dan GTK Madrasah bagi yang sudah memenuhi syarat mengikuti PPG dalam jabatan” Ungkapnya.

Peserta PPG Daljab pada periode II ini yang terdaftar adalah mahasiswa PPG PAIS sejumlah: 101 Mahasiswa dan peserta PPG Madrasah sejumlah 103 Mahasiswa. “Pelaksanaan pembelajaran PPG Daljab pada tahun 2021 ini dilaksanakan secara full daring atau seluruhnya menggunakan model pemebelajaran daring, berbeda dengan pembelajaran tahun 2019 yang masih menggunakan model blanded learning” Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu: “1). Pendalaman materi 5 sks, 2). Pengembangan perangkat pembelajaran 3 sks, 3). Uji Komperhensif, 4). Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) 4 sks, dan diakhiri dengan 5). PPL di Sekolah asal 4sks, UKMPP 4 hari serta Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan selama 2 hari. Total ada 12 sks, RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) 24 sks, jadi total keseluruhan ada 36 sks, terhitung pengabdian berapa lama, pengajaran, dan pengembangan diri, dll.” Tambahnya.

Selanjutnya Prof. Dr. Babun Suharto, M.M selaku Rektor “Selamat dan sukses atas terselenggaranya PPG Angkatan II,Pesan saya: Dosen dan Mahasiswa dapat bekerjasama agar perkuliahan lancar meskipun dilakukan secara online. Dosen harus memahami Mahasiswa begitupun sebaliknya, Mahasiswa juga harus memahami dosennya” tegasnya.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam, diikuti oleh 205 peserta terdiri dari Rektor, Warek, Dekan, Wadek, Mahasiswa, para dosen, staf dan admin PPG. “mengutip Alibin Abu Tholib, Didiklah anakmu sesuai jamannya, mendidik siswa “saat ini” bukan untuk menghadapi tantangan saat ini tetapi untuk menghadapi tantangan kehidupan 10-15 tahun kedepan, membangun pendidikan untuk mewujudkan guru professional” lanjut Subanji dalam sambutannya.

Di akhir sambutan Subanji mengungkapkan. “Pandemic covid-19 sebagai akselerator perubahan tatanan dunia, guru professional yang menguasai materi ajar berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi tauladan, memiliki penampilan memesona, berwibawa, tegas, ikhlas, dan disiplin yang mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan”. (Isma)

;