ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

135 DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN HADIRI RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PENGENALAN LAPANGAN PENDIDIKAN (PLP)

Home >Berita >135 DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN HADIRI RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PENGENALAN LAPANGAN PENDIDIKAN (PLP)
Diposting : Senin, 12 Sep 2022, 20:01:27 | Dilihat : 680 kali
135 DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN HADIRI RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PENGENALAN LAPANGAN PENDIDIKAN (PLP)


Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Penganalan Lapangan Pendidikan (PLP) Tahun Akademik 2022/2023, FTIK UIN KHAS Jember selenggarakan Rapat Koordinasi yang melibatkan sekitar 135 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan bertugas dalam melaksanakan pembimbingan kepada para mahasiswa FTIK yang mengikuti kegiatan PLP.  Kegiatan rapat ini dilaksanakan secara daring via Live Zoom Meeting pada hari Senin, tanggal 12 September 2022, mulai pukul 13.00 WIB. Turut hadir sekaligus membuka kegiatan ini, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Dekan FTIK menyampaikan bahwa Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) merupakan kegiatan pembelajaran yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa FTIK sebagai wahana penerapan teori yang sudah dipelajari di bangku kuliah. Pelaksanaan PLP bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional dalam diri calon lulusan secara utuh.

Praktik Lapangan Pendidikan (PLP) terbagi menjadi dua jenis kegiatan, yakni praktik pembelajaran dan praktik pengelolaan lembaga pendidikan. Praktik pembelajaran atau real teaching dilaksanakan oleh mahasiswa dari seluruh program studi selain program studi Manajamen Pendidikan Islam. Tujuannya yaitu membantu pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah/madrasah mitra dengan diarahkan oleh guru pamong. Sedangkan kegiatan praktik pengelolaan lembaga pendidikan atau real leading diperuntukkan khusus bagi mahasiswa progam studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang dijalankan dalam rangka belajar tentang pengelolaan administrasi di madrasah/sekolah/instansi mitra (real leading) yang dijalankan dengan membantu tugas-tugas manajerial di sekolah/madrasah/instansi mitra. Melalui sambutannya, Dekan FTIK juga berpesan kepada para Dosen Pembimbing Lapangan PLP agar bersungguh-sungguh dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta selama kegiatan PLP berlangsun. Yang terutama adalah mengarahkan para peserta PLP dalam aspek tata cara berbicara, berkomunikasi, bersikap, dan berperilaku agar memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai akhlakul karimah.

Sementara itu, ketua Jurusan Pendidikan Sains, Ibu Dr. Indah Wahyuni, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal seputar format pelaksanaan PLP pada Tahun Akademik 2022/2023 ini. Di antaranya adalah terkait penggunaan aplikasi PLP guna mengakomodir kebutuhan penilaian peserta PLP yang dapat diakses secara online, sehingga hasil penilaian terhadap kemampuan peserta PLP tidak lagi berbasis kertas, namun berbasis online. Beliau juga menyampaikan, penyerahan tim mahasiswa peserta PLP ke lembaga pendidikan/instansi mitra dapat dilakukan mulai tanggal 19 September 2022. Kegiatan PLP berakhir pada minggu ke-8 atau pada tanggal 14-19 November 2022.

Sesi orientasi DPL juga diisi dengan tutorial penggunaan aplikasi PLP yang dipandu oleh bapak Dr. Nurul Huda, S.Kom, M.Pd.I. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan langkah-langkah mengakses aplikasi PLP melalui laman url http://plp.ftikuinkhas.com/login.php, memperkenalkan menu-menu yang ada dalam tampilan halaman aplikasi tersebut, serta bagaimana cara penggunaannya. Masing-masing DPL dan Guru Pamong pun telah diberi akses pada akun masing-masing, sehingga praktik penggunaan aplikasi sudah bisa dilakukan secara mandiri. Kegiatan tutorial kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Sebagai penutup, pembacaan doa dipimpin oleh Bapak Dr. H. Abd. Muhith, M.Pd.I. (Penulis: Evi R. Dianita, Editor: Rofiq Hidayat)

;