header-int

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Posted by : Administrator
Share

A. Visi

“Unggul dalam pengembangan keilmuan bidang pendidikan berbasis nilai-nilai Islam Nusantara di tingkat nasional pada tahun 2025”

B. Misi

Pada dasarnya misi FTIK IAIN Jember sejalan dengan misi tridharma perguruan tinggi, yakni menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka ikut serta membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki kekuatan dan keutuhan iman-taqwa, ilmu dan profesi serta syakhshiyah (pola pikir dan perilaku) islamiyah. Berdasarkan visi tersebut, maka misi FTIK IAIN Jember dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan Islam berbasis nilai-nilai keislaman sesuai dengan kearifan lokal;
  2. Mengembangkan penelitian berbasis nilai-nilai keislaman sesuai dengan kearifan lokal;
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang mampu menerapkan nilai-nilai keislaman sesuai dengan kearifan lokal;
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan tridharma perguruan tinggi terutama di bidang pendidikan Islam.

C. Tujuan

  1. Terwujudnya pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan Islam berbasis nilai-nilai keislaman sesuai dengan kearifan lokal;
  2. Terwujudnya penelitian berbasis nilai-nilai keislaman sesuai dengan kearifan lokal;
  3. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang mampu menerapkan nilai-nilai keislaman sesuai dengan kearifan lokal;
  4. Terwujudnya kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan tridharma perguruan tinggi terutama di bidang pendidikan Islam.

D. Sasaran

  1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran: implementasi kurikulum berbasis KKNI dan tata kelola terintegrasi untuk meningkatkan mutu lulusan yang berdaya saing. Pada tahun 2025, target persentase kehadiran dosen dan mahasiswa mencapai 90%, mahasiswa lulus 4 tahun direncanakan 90% dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata 3,50, indeks kepuasan mahasiswa dan dosen rata-rata baik (85%), pembelajaran dan layanan administrasi berbasis Information & Communication Technology (ICT).
  2. Bidang Penelitian: pelaksanaan penelitian bertujuan untuk melahirkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan Islam dan manajemen pendidikan Islam.  Target penelitian tiap dosen FTIK selama lima tahun ke depan berjumlah 1 penelitian, 1 artikel pada jurnal nasional (baik berISSN atau jurnal nasional terakreditasi Sinta) atau jurnal bereputasi internasional setiap tahunnya.
  3. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat: kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai keislaman sesuai dengan kearifan lokal. Target pengabdian tiap dosen FTIK selama lima tahun ke depan berjumlah 1 pengabdian setiap tahunnya.
  4. Bidang Kerjasama: kegiatan kerjasama dilakukan dengan berbagai pihak sebagai perwujudan tridharma perguruan tinggi terutama di bidang pendidikan Islam. Target kerjasama dengan instansi dalam negeri, baik lokal, regional maupun nasional sejumlah 90 kerjasama dan instansi luar negeri sejumlah lima kerjasama dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube