ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

160 Lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember Diyudisium Hari Ini

Home >Berita >160 Lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember Diyudisium Hari Ini
Diposting : Selasa, 19 Jul 2022, 15:35:44 | Dilihat : 369 kali
160 Lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember Diyudisium Hari Ini


Yudisium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember ke-22 baru saja usai diselenggarakan. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Bandung Permai Jember pada hari Selasa pagi, tanggal 19 Juli 2022 mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Acara yang diikuti oleh sebanyak 160 orang peserta yudisium ini dihadiri pula oleh Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM.

Berkesempatan membuka kegiatan, Rektor UIN KHAS Jember dalam sambutannya, menyampaikan harapannya agar lulusan FTIK UIN KHAS Jember dapat menempuh studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Seperti yang diketahui bahwa UIN KHAS Jember sudah memiliki program pascasarjana yang terdiri dari beberapa Program Studi, seperti S2 Pendidikan Agama islam, S2 Pendidikan Bahasa Arab, S2 Manajemen Pendidikan Islam, S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan S2 Studi Islam. Beliau juga mendorong bagi lulusan yang berminat dapat juga melanjutkan kuliah di luar negeri, seperti Jerman. Dalam kalimat sambutannya beliau juga berpesan agar alumni UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dapat menjadi agen pembawa pencerahan di masyarakat, serta menjadi penunjuk bagi masyarakat ke arah kebenaran, dalam rangka membawa misi dakwah islam yang moderat.

Wakil Dekan 1 FTIK Bidang Akademik, Bapak Dr. H. Mashudi, M.Pd.  dalam penyampaian laporan akademik Penyelenggaraan Yudisium ke-22 kali ini melaporkan rekapitulasi data peserta yudisium ke-22 tahun 2022. Disebutkan bahwa peserta yudisium ke-22 diikuti peserta yang berasal dari 9 program studi, dengan rincian sebagai berikut : 49 orang peserta dari program studi Pendidikan Agama Islam, 10 orang dari program studi Pendidikan Bahasa Arab, 20 orang dari program studi Manajemen Pendidikan Islam, 25 orang dari program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 12 orang dari program studi Tadris Bahasa Inggris, 14 orang dari program studi Tadris Matematika, 9 orang dari proram studi Tadris Biologi, 6 orang dari program studi Tadris IPS, dan 15 orang dari program studi Tadris IPA. Peserta laki-laki berjumlah 47 orang dan peserta perempuan berjumlah 113 orang, sehingga total seluruhnya berjumlah 160 orang.

Sementara itu, Dekan FTIK UIN KHAS, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada 160 lulusan FTIK atas keberhasilannya mencapai tahap ini. Beliau berpesan kepada para peserta yudisium ke-22 agar ke depan dapat menjadi para pendidik dan tenaga kependidikan yang tak hanya berilmu, tapi juga berakhlak mulia, senantiasa mengamalkan birrul walidain kepada kedua orang tua, serta tidak melupakan jasa-jasa dan para guru dan dosen yang telah membimbing mereka hingga hari ini. Alumni FTIK UIN KHAS Jember harus berilmu yang amaliah dan beramal yang ilmiah. Dengan demikian sarjana pendidikan yang lahir dari FTIK UIN KHAS Jember harus dapat mengamalkan ilmu yang mereka peroleh selama studi serta mengabdikan diri di masyarakat. Beliau juga menyampaikan doa dan harapannya agar alumni FTIK UIN KHAS Jember yang berencana untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 maupun menempuh pendidikan profesi guru mendapatkan kemudahan dan dapat meraih cita-cita dan karirnya di masa depan.

Dalam acara ini, Kabag Tata Usaha FTIK UIN KHAS Jember, bapak Muhammad Zainuri, SE membacakan Surat Keputusan Dekan FTIK UIN KHAS Jember Nomor 62 tahun 2022 tentang Peserta Yudisium ke-22 Tahun Akademik 2021/2022 dan Surat Keputusan Dekan FTIK UIN KHAS Jember Nomor 63 tentang Peserta Terbaik Yudisium ke-22 Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Predikat peserta yudisium terbaik jatuh kepada mahasiswi dengan nama Farah Fitriatuz Zakiyah dari program studi Pendidikan Agama Islam. Peraih predikat yudisium terbaik dengan NIM T20171064 tersebut berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,92 dan lulus dengan masa studi 3 tahun 10 bulan 22 hari.

Di akhir, acara yudisium ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Wakil Dekan III FTIK, yaitu Bapak Dr. H. Mustajab, M.Pd.I. (Penulis: Evi Resti Dianita, Editor: Rofiq Hidayat)

;