ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Ajukan Akreditasi 13 Jurnal, FTIK UINKHAS Jember Siap-Siap Panen SINTA di Tahun 2022

Home >Berita >Ajukan Akreditasi 13 Jurnal, FTIK UINKHAS Jember Siap-Siap Panen SINTA di Tahun 2022
Diposting : Rabu, 22 Jun 2022, 14:39:47 | Dilihat : 384 kali
Ajukan Akreditasi 13 Jurnal, FTIK UINKHAS Jember Siap-Siap Panen SINTA di Tahun 2022


17 Maret 2022 - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mengajukan akreditasi jurnal nasional secara online. Total 13 jurnal Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINKHAS Jember yang telah mengajukan akreditasinya secara serentak pada situs Arjuna Ristekbrin yang dapat diakses melalui alamat http://arjuna.ristekbrin.go.id/. Dapat diprediksi 13 jurnal FTIK UINKHAS Jember akan meraih akreditasi SINTA (Science and Technology Index) di Tahun 2022 ini. Adapun nama-nama jurnal tersebut antara lain:

  1. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam
  2. Journal of Islamic Education Research (JIER)
  3. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
  4. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education
  5. MASS: Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education
  6. HERITAGE: Journal of Social Studies
  7. Journal of Language Intelligence and Culture (JLIC)
  8. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
  9. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI
  10. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA
  11. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
  12. EDUCARE: Journal of Primary Education
  13. JIEMAN: Journal of Islamic Education Management

Sebagaimana diketahui bahwa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mempunyai 17 jurnal ilmiah yang masing-masing dikelola oleh tim berdasarkan Program Studi, dengan rincian 7 jurnal di antaranya dikelola oleh tim dari kalangan Dosen dan 10 jurnal dikelola oleh tim dari kalangan Mahasiswa. Sementara itu 13 jurnal dinyatakan telah memenuhi syarat dan siap diajukan akreditasinya pada awal tahun 2022 ini, dan sisanya masih dalam tahap pemenuhan persyaratan akreditasi. Seluruh jurnal FTIK tersebut berada dalam supervisi dan arahan dari Rumah Jurnal FTIK.

Proses akreditasi jurnal diawali dengan persiapan yang cukup panjang dalam upaya untuk memenuhi standar dan kriteria dari manajemen pengelolaan jurnal ilmiah dan  proses publikasi artikel ilmiah yang berkualitas. Masing-masing tim pengelola jurnal juga diarahkan untuk mengevaluasi setiap unsur dalam manajemen jurnal dan proses penerbitan artikel secara berkala. Setelah seluruh syarat-syarat terpenuhi baik dari aspek kelembagaan jurnal, manajemen online journal system, maupun dari segi proses publishing, barulah kemudian dilakukan tahap pengusulan akreditasi terbitan berkala ilmiah pada laman Arjuna Ristekbrin.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINKHAS Jember, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I menyampaikan apresiasinya atas keseriusan dan dedikasi segenap pengelola jurnal FTIK yang terdiri dari dosen dan mahasiswa pada masing-masing program studi. Langkah ini dapat menjadi sebuah tahapan lebih lanjut dari kebangkitan jurnal pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINKHAS Jember yang diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kinerja dosen di bidang publikasi illmiah dan memelihara budaya akademik khususnya di lingkungan FTIK. Selanjutnya, dengan dilakukannya akreditasi terbitan berkala ilmiah maka peluang jurnal FTIK UINKHAS Jember untuk mendapatkan pengakuan secara nasional bahkan dunia akan terbuka lebar. (Evi Resti Dianita)

;