ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Gelar RAKERPIM 2022 di Banyuwangi

Home >Berita >Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Gelar RAKERPIM 2022 di Banyuwangi
Diposting : Rabu, 22 Jun 2022, 14:39:27 | Dilihat : 418 kali
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Gelar RAKERPIM 2022 di Banyuwangi


20 Maret 2022 - Menjadi Fakultas yang unggul merupakan salah satu tujuan FTIK UIN KHAS Jember. Untuk itu diselenggarakan Rapat Kerja Pimpinan tahun 2022 yang diselenggarakan di Kalibaru Cottages pada hari Jumat-Minggu, tanggal 18-20 Maret 2022. Acara yang digelar selama 3 hari dengan tema Fakultas Unggul Menuju Kampus Berkualitas tersebut dihadiri oleh Rektor UIN KHAS Jember beserta para wakil rektor, Dekan FTIK beserta para wakil dekan, ketua jurusan, kordinator program studi, tim unit kendali mutu dan beberapa unsur pengelola FTIK UIN KHAS Jember lainnya.

Dalam kesempatan RAKERPIM tersebut, Dekan FTIK UIN KHAS Jember mengemukakan bahwa agenda pembahasan dalam RAKERPIM kali ini antara lain yaitu evaluasi kinerja tahun 2021 dan problem solving untuk perbaikan kinerja tahun 2022, RKAKL tahun 2023, reviu Renstra dan Renop, penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), reviu dokumen SPI, dan dokumen akademik. Beliau juga menyampaikan harapannya agar RAKERPIM ini dapat menjadi wahana refleksi dan evaluasi terhadap kinerja para pengelola FTIK agar nantinya tercipta kesinambungan dari segenap unsur pengelola dalam melaksanakan tugas, serta dapat bersama-sama memetakan setiap permasalahan dan mencari solusi dari permasalahan yang ada. Ke depan FTIK UIN KHAS akan menyongsong penerapan standar ISO, untuk itu maka diperlukan kesiapan dari segenap unsur agar dapat terjadi peningkatan mutu baik secara kelembagaan, maupun mutu akademik yang meliputi pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan RAKERPIM FTIK Tahun 2022 dibuka oleh Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM., pada tanggal 18 Maret 2022 melalui komunikasi secara interaktif via Zoom karena pada saat yang bersamaan beliau sedang berada dalam perjalanan ke IAIN Bone. Dalam sambutannya beliau mengemukakan tentang Fakultas Unggul Menuju Kampus Berkualitas. Bahwa untuk mewujudkan kampus UIN KHAS Jember yang berkualitas maka harus diawali dengan menyiapkan fakultas yang berkualitas pula. Untuk itu diperlukan sinergi dan kolaborasi antar setiap pihak, mulai dari koordinator program studi sampai dekan, guna menjadikan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebagai fakultas yang unggul. Terlebih tahun 2022 ini kampus UIN KHAS Jember akan mulai menerapkan standarisasi ISO 1950:2015 dan ISO 21001:2018. Maka kekompakan merupakan hal yang paling penting karena setiap manusia saling membutuhkan dan tidak dapat hidup sendiri. Oleh karenanya diperlukan kerja sama yang baik dari setiap unsur pengelola baik di tingkat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan maupun di tingkat Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember untuk mewujudkan cita-cita yang diharapkan bersama.

Pada kesempatan itu pula Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Miftah Arifin, M.Ag. menyampaikan target UIN KHAS Jember ke depan dalam hal peningkatan mutu akademik adalah bagaimana agar mutu fakultas bisa melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yang di antaranya adalah ditandai dengan kesesuaian portofolio kemampuan mahasiswa lulusan PTKI dengan KKNI pada Kementerian Agama, perubahan sistem tugas akhir mahasiswa melalui penyusunan Pedoman Pendidikan Tahun 2021 dan akreditasi jurnal ilmiah. Untuk mencapai target itu, maka hal yang harus dilakukan adalah sinergi dan kolaborasi yang melibatkan setiap pihak yang meliputi dosen, mahasiswa, maupun koordinator program studi.

Rangkaian kegiatan RAKERPIM ini juga diisi dengan penyampaian materi bertema “Peningkatan Mutu Kelembagaan” yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyuwangi, Amak Burhanuddin, S.Ag., M.Pd. dan materi dengan tema “Arah Kebijakan Madrasah” yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah pada Kantor Kemenag Wilayah Provinsi Jawa Timur, Santoso, S.Ag., M.Pd.I. Pemateri pertama menyampaikan tentang pengembangan-pengembangan yang dilakukan di madrasah saat ini dalam rangka mewujudkan madrasah berkualitas dan bagaiman peran PTKIN dalam penyelenggaraan penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis madrasah. Sedangkan pemateri kedua mengemukakan di antaranya tentang gagasan tentang pentingnya sinkronisasi kebijakan di tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan di tingkat madrasah serta peningkatan kerja sama madrasah dengan PTKIN di Indonesia, salah satunya UIN KHAS Jember. Kegiatan penyampaian materi kemudian diikuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara FTIK UIN KHAS Jember dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Nomor: B167/Un.22/3/PP.00.9/03/2022 serta Perjanjian Kerja Sama antara FTIK UIN KHAS Jember dengan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Nomor: B168/Un.22/3/PP.00.9/03/2022. Kerja sama antara kedua belah pihak meliputi kegiatan yang menyangkut pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta dalam bidang pembinaan madrasah dan pengembangan sumber daya manusia.

Acara RAKERPIM FTIK UIN KHAS Jember 2022 ditutup dengan rapat pleno dan penandatangan berita acara rapat dari setiap komisi. (Penulis: Rofiq Hidayat, Editor: Evi Resti Dianita)

;