ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Turut Andil dalam FORDETAK 2022 di Palangka Raya

Home >Berita >FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Turut Andil dalam FORDETAK 2022 di Palangka Raya
Diposting : Rabu, 22 Jun 2022, 14:39:38 | Dilihat : 289 kali
FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Turut Andil dalam FORDETAK 2022 di Palangka Raya


17 Maret 2022 - FORDETAK Tahun 2022 baru saja digelar. Penyelenggaraan event Forum Dekan Tarbiyah dan Keguruan (FORDETAK) Tahun 2022 ini berlangsung di Hotel Bahalap, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah selama tiga hari dari tanggal 14-16 Maret 2022. Pada gelaran tahun ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya dipercaya menjadi tuan rumahnya. Pemilihan IAIN Palangka Raya sebagai tuan rumah merupakan bagian dari hasil rangkaian pertemuan-pertemuan sebelumnya yakni pada tanggal 2-4 November 2021 di Bandung dan tanggal 13-15 Desember 2021 di Bogor.

Sekitar 93 peserta yang terdiri dari Dekan FTIK, Wakil Dekan, dan Ketua Prodi PPG FTIK dari PTKIN di seluruh Indonesia hadir dalam kegiatan FORDETAK 2022. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si. Kegiatan tersebut juga diisi dengan penyelenggaraan Seminar Nasional yang mengusung tema: “Inovasi Pendidikan di Era Society 5.0”.

FORDETAK merupakan sebuah forum yang beranggotakan dekan-dekan pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), dan Fakultas Tarbiyah (FT) dari sekitar 58 PTKIN seluruh Indonesia, baik UIN, IAIN, maupun STAIN. Forum ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun (annual) sebagai ajang silaturrahim dan komunikasi antar dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di PTKIN seluruh Indonesia.

FORDETAK Tahun 2022 ini juga dimanfaatkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINKHAS Jember dalam rangka membangun dan mengembangkan hubungan kerja sama dengan IAIN Palangka Raya. Dalam forum tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINKHAS Jember dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya telah menandatangani perjanjian kerja sama dalam bidang peningkatan mutu pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan sumber daya manusia.

Perjanjian Kerjasama dengan nomor B169/Un.22/3/PP.00.9/03/2022 tersebut, bertujuan untuk saling memberikan dukungan pengembangan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi ilmiah, dan penguatan kelembagaan di antara kedua belah pihak. Ruang lingkup Kerjasama meliputi:

1. Bidang pengembangan kurilum pendidikan

2. Bidang pengembangan penelitian

3. Bidang pengembangan pengabdian kepada masyarakat

4. Bidang pertukaran dosen/mahasiswa

5. Bidang publikasi ilmiah berbasis riset pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional

6. Bidang pertukarang karya ilmiah dosen/mahasiswa pada jurnal atau prosiding

7. Bidang penguatan kelembagaan dan akademik melalui seminar, simposium, konferensi, pelatihan, dan workshop bersama.

Dengan ditandatanganinya MoU tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINKHAS Jember, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I menyampaikan bahwa perjanjian kerja sama ini dapat menjadi bagian penting dalam membuka jalan untuk kita menyelenggarakan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, yakni melalui kerja sama yang kokoh antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. (Penulis: Evi Resti Dianita, Editor: Rofiq Hidayat)

;