ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Program Buku Karya Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 2022

Home >Berita >Program Buku Karya Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 2022
Diposting : Jumat, 15 Jul 2022, 06:27:55 | Dilihat : 1741 kali
Program Buku Karya Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 2022


Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember memberikan kesempatan pada dosen tetap FTIK untuk menuliskan buku ajar dan referensi dengan ketentuan sebagai berikut:

Syarat Administrasi

  1. Melakukan pendaftaran program buku dosen FTIK 2022 melalui link https://forms.gle/cnBaCkq4ccoJ9bLZA (Pendaftaran dibuka tanggal 13 sampai 19 Juli 2022)
  2. Memiliki judul buku.
  3. Berbasis Mata Kuliah dan Capaian Pembelajaran Prodi.
  4. Waktu pengerjaan bulan Juli hingga Agustus.
  5. Naskah buku yang diajukan adalah naskah buku baru, bukan buku revisi dan buku terjemahan.
  6. Penulis dapat terdiri dari satu orang atau lebih.
  7. Semua penulis harus merupakan dosen tetap Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember aktif dengan NIDN.
  8. Penulis utama menandatangani kesediaan menyelesaikan penyusunan naskah sesuai ketentuan dan jadwal yang ditetapkan, bermaterai.
  9. Seleksi dilakukan oleh koordinator Program Studi.
  10. Isi menjadi tanggung jawab mutlak penulis.
  11. Pertanggungjawaban keuangan dan laporan hasil diserahkan pada 31 Agustus 2022.

Fasilitas

  1. Biaya cetak buku 5 exemplar.
  2. Biaya Pengurusan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).
  3. Biaya Edit naskah.
  4. Biaya layout dan desain grafis.

Jenis Buku yang Didanai

  1. Buku ajar, yakni sebuah karya buku yang menjadi sumber ilmu pengetahuan untuk mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Buku ajar terkait dengan mata kuliah tertentu pada kurikulum terbaru di FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Karakter penting dari buku ajar adalah mudah dipahami oleh mahasiswa. Umumnya terdapat informasi capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran pada bagian awal bab dan terdapat soal-soal latihan pada akhir bab. 
  2. Buku referensi, yakni review hasil-hasil penelitian kontemporer yang terkait dengan kepakaran dosen Program Studi, review buku-buku dan artikel-artikel jurnal terkait kepakaran dosen Program Studi yang dapat dirujuk mahasiswa untuk memetakan/menavigasi penelitian-penelitian pendahuluan, menyusun landasan teoretis, dan menyusun landasan konseptual skripsi dan artikel jurnal. Buku referensi mengedepankan penggunaan rujukan terbaru dan menyajikan informasi yang akurat.

Format Penulisan Buku

  1. Ukuran kertas: Lebar 15,5 cm, Tinggi 23,5 cm.
  2. Jumlah halaman minimal 60 halaman (hanya untuk isi utama buku, tidak termasuk daftar isi, daftar referensi, lampiran-lampiran).
  3. Pages: Mirror margins.
  4. Margin: Top 2 cm, Inside 2,5 cm, Bottom 2 cm, Outside 2 cm.
  5. Font: Font Cambria, ukuran 11, line spacing: multiple 1,2.
  6. Buku dalam program buku dosen FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember 2022 ditulis berdasarkan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan merujuk pada KBBI dan PUEBI.
  7. Penulisan buku ajar menggunakan gaya sitasi Chicago Full Note 16 (Footnote) bagi rumpun ilmu pendidikan agama dan sosial, dan dapat menggunakan gaya sitasi APA.
  8. Susunan Buku: pengantar pakar, prakata, daftar isi, isi utama buku (bagian awal, bagian isi, bagian akhir), daftar pustaka, glosarium, indeks (sebaiknya ada).
  9. Ukuran gambar/ilustrasi/tabel menyesuaikan, dengan pertimbangan tingkat keterbacaan teks.
  10. Penulisan rumus menggunakan equation.
  11. Melampirkan hasil plagiasi/cek similaritas Turnitin dengan maksimal similaritas 20%.
  12. Buku telah diterbitkan dan disertai ISBN

Catatan:

Buku yang dihasilkan pada program buku FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember 2022 ini tidak dapat diajukan untuk mendapatkan insentif lagi dari UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. (MZA)
 

;