ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Tim Jurnal FTIK Ikuti Kegiatan Penguatan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi

Home >Berita >Tim Jurnal FTIK Ikuti Kegiatan Penguatan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi
Diposting : Rabu, 22 Jun 2022, 14:36:56 | Dilihat : 419 kali
Tim Jurnal FTIK Ikuti Kegiatan Penguatan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi


10 Juni 2022 -  Dalam rangka peningkatan literasi pengelolaan jurnal ilmiah, belasan delegasi dari seluruh tim pengelola jurnal di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mengikuti kegiatan penguatan mutu pengelolaan jurnal ilmiah yang bertajuk Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi, pada Hari Jum’at, Tanggal 10 Juni 2022. Kegiatan ini digagas oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN KHAS Jember dan berlangsung di ruang rapat FTIK UIN KHAS Jember. Disampaikan oleh ketua LP2M UIN KHAS Jember, Dr. Zainal Abidin, M.Si, bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini terutama untuk meningkatkan mutu pengelolaan jurnal ilmiah serta mendorong para pengelola jurnal di lingkungan UIN KHAS Jember agar mempersiapkan ke arah indeksasi internasional bereputasi. Turut hadir pula Dekan FTIK UIN KHAS Jember dan Dekan Fakultas Ushuluddin UIN KHAS Jember di antara peserta kegiatan ini.

Bertindak sebagai narasumber, Rektor UIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy. Beliau adalah Editor In Chief International Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS), yang saat ini telah terindeks Scopus (Q1) dan Thomson Reuters. Pada kesempatan telah hadir pula Wakil rektor I Bidang Akademik UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Miftah Arifin, M.Ag. untuk menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Miftah Arifin menyampaikan harapannya agar para pengelola jurnal terus meng-upgrade kapasitas masing-masing, khususnya dalam bidang pengelolaan dan penerbitan jurnal, sehingga dapat mencapai target yang diinginkan, yaitu tercapainya peringkat akreditasi Sinta 2, Sinta 1, bahkan Scopus. Ke depan perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar jurnal-jurnal yang ada di UIN KHAS Jember dapat terindeks Scopus.

Sementara itu, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy dalam penyampaian materinya, berbagi pengalaman-pengalaman beliau selama menjadi Editor in Chief dari jurnal IJIMS. Beliau juga mengungkapkan beberapa strategi yang perlu dilakukan agar menjadi rujukan dalam mengelola jurnal yang baik, dan meningkatkan citation index yang dapat berdampak pula kepada peringkat jurnal. "Hal yang paling utama perlu dilakukan dalam mengelola jurnal ilmiah yang baik adalah senantiasa meningkatkan literasi pengelolaan jurnal", demikian kata Prof. Zakiyuddin. Beliau memotivasi para pengelola jurnal agar menekuni bidang ini secara kontinyu untuk dapat memetik manfaat yang maksimal. (Evi Resti Dianita/ editor: Rofiq Hidayat)

;