ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Yudisium FTIK XXI Luluskan 181 Calon Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Home >Berita >Yudisium FTIK XXI Luluskan 181 Calon Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Diposting : Rabu, 22 Jun 2022, 14:37:27 | Dilihat : 319 kali
Yudisium FTIK XXI Luluskan 181 Calon Pendidik dan Tenaga Kependidikan


FTIK UIN KHAS Jember menggelar Yudisium XXI Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 pada hari Rabu siang, tanggal 11 Mei 2022. Kegiatan yudisium kali ini berlangsung di Hotel Bandung Permai Jember. Acara yang berlangsung dalam suasana lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah ini dihadiri pula oleh Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM. beserta Wakil Rektor 1 UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Miftah Arifin, M.Ag.

Pada acara tersebut Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Bapak Dr. H. Mashudi, M.Pd. menyampaikan laporan akademik Penyelenggaraan Yudisium XXI yang diikuti oleh sebanyak 181 peserta yang meliputi 36 orang peserta laki-laki dan 145 orang peserta perempuan dari sepuluh program studi, dengan rincian sebagai berikut : 51 orang peserta dari program studi Pendidikan Agama Islam, 6 orang dari program studi Pendidikan Bahasa Arab, 25 orang dari program studi Manajemen Pendidikan Islam, 21 orang dari program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8 orang dari program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 20 orang dari program studi Tadris Bahasa Inggris, 17 orang dari program studi Tadris Matematika, 12 orang dari proram studi Tadris Biologi, 5 orang dari program studi Tadris IPS, dan 16 orang dari program studi Tadris IPA.

Dekan FTIK UIN KHAS, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan selamat atas diyudisiumnya 181 mahasiswa FTIK. Beliau juga berpesan kepada para peserta agar menjadi pendidik dan tenaga kependidikan yang senantiasa menjunjung nilai-nilai luhur dan akhlak mulia, serta tidak melupakan jasa-jasa orang-orang yang telah berperan penting, khususnya orang tua dan para guru dan dosen yang telah mendidik selama ini. Prestasi akademik dan nilai IPK yang tinggi saja tidak cukup, namun juga dibutuhkan kepribadian dan karakter yang baik sebagai modal utama dalam mengabdikan diri di masyarakat. Beliau juga menyampaikan harapannya agar para anak didiknya dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 ataupun menempuh pendidikan profesi guru sesudah diwisuda. Karena tantangan dan persaingan yang akan dihadapi ke depan akan semakin berat, maka para lulusan juga perlu menyiapkan langkah untuk menata masa depan, khususnya dalam bidang profesi guru dan kependidikan.

Sementara itu Rektor UIN KHAS Jember dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara yudisium ini, menyampaikan tentang pentingnya lulusan UIN KHAS Jember untuk mempunyai kepekaan di dalam merespon tantangan global. Mahasiswa lulusan FTIK UIN KHAS Jember harus mempersiapkan diri dengan berbagai bekal yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja dan menjadi pembawa perubahan di masyarakat. Mahasiswa juga harus ikut berperan dalam peningkatan literasi masyarakat dan memerangi hoaks. Beliau juga menyampaikan harapannya agar lulusan FTIK UIN KHAS Jember dapat meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu program S2 khususnya pada Program Pascasarjana UIN KHAS Jember.

Pada yudisium XXI ini, SK Peserta Yudisium XXI dan SK peserta Yudisium Terbaik dibacakan oleh Kabag AUAK FTIK, Bapak Muhammad Zainuri, SE. Predikat peserta yudisium terbaik diraih oleh Iqva Nur Hakiki. Ia merupakan mahasiswa program studi Tadris Bahasa Inggris dengan NIM T20176079. Iqva Nur Hakiki berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,95 dan lulus dengan masa studi 4 tahun 3 bulan 9 hari.

Acara Yudisium FTIK XXI ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Wakil Dekan III FTIK, yaitu Bapak Dr. H. Mustajab, M.Pd.I. (Penulis: Evi Resti Dianita, Editor: Rofiq Hidayat)

;