ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

FTIK UIN KHAS Jember Gelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Dosen

Home >Berita >FTIK UIN KHAS Jember Gelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Dosen
Diposting : Minggu, 29 Oct 2023, 18:58:15 | Dilihat : 349 kali
FTIK UIN KHAS Jember Gelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Dosen


26 Oktober 2023 – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember bersama tim Jurusan Pendidikan Islam dan Bahasa dan Jurusan Pendidikan Sains menggelar orientasi bagi para dosen dengan tema kegiatan "Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat Satuan Pendidikan" pada Hari Kamis, 26 Oktober 2023, yang bertempat di Hotel Kalibaru Cottage.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini melibatkan 60 orang peserta dari berbagai program studi di FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, serta menghadirkan narasumber yang merupakan salah satu Tim Pengembang Kurikulum Madrasah Kemenag RI, yaitu M. Amin Hasan, M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FTIK UIN KHAS Jember menyampaikan bahwa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan berperan penting untuk secara aktif mendukung upaya pemerintah dalam melakukan inovasi melalui reformasi kurikulum. Mahasiswa perlu diberikan wawasan terkait implementasi kurikulum merdeka di madrasah maupun sekolah. Untuk itu, pembekalan bagi dosen dalam hal implementasi kurikulum merdeka perlu diperkuat.

“Saat ini banyak madrasah yang sudah merespon kebijakan pemerintah melalu implementasi kurikulum merdeka di tingkat satuan masing-masing. Dan oleh karena itu, FTIK UIN KHAS Jember juga harus merespon dengan cepat agar anak-anak didik kita mendapatkan bekal yang cukup dalam mempraktikkan keterampilan mengajar yang disesuaikan dengan kurikulum yang terbaru tersebut.” ungkap Prof. Dr. Hj. Mukni'ah, M.Pd.I.

Sedangkan narasumber yaitu M. Amin Hasan, M.Pd. dalam pemaparannya mengemukakan banyaj hal yang berkaitan dengan implementasi kurikulum merdeka, mulai dari kebijakan, pembelajaran, asesmen, hingga penerapan P5 PPRA.

“Dalam penerapan Kurikulum Merdeka, setiap satuan pendidikan memiliki kebebasan untuk merumuskan tujuan pembelajaran dan merencanakan alur tujuan pembelajaran. Perumusan tujuan pembelajaran (TP) tentu saja didasarkan pada Capaian Pembelajaran yang telah ditentukan dalam kurikulum, serta memperhatikan visi-misi dan tujuan satuan pendidikan. Sedangkan pendidik pada gilirannya bertanggung jawab dalam merancang pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. ” ucapnya.

(Penulis: Evi R. Dianita/ Editor: Rofiq Hidayat)

;