header-int

FTIK UIN KHAS Jember Selenggarakan Workshop Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama

Rabu, 22 Jun 2022, 14:37:12 WIB - 12 View
Share
FTIK UIN KHAS Jember Selenggarakan Workshop Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama

Jember - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menyelenggarakan Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama, 7 Juni 2022 secara luring di Ruang Rapat Gedung FTIK Lantai II dan secara daring via zoom dan live youtube. Workshop ini dihadiri oleh Dekan FTIK, Wakil Dekan II dan Wakil Dekan III, Kepala Pusat Moderasi Beragama UIN KHAS Jember, dan narasumber.

Peserta berasal dari para dosen, tokoh masyarakat, praktisi pendidikan, dan mahasiswa. Workshop juga dihadiri oleh jurnalis dari media mahasiswa dan kampus untuk meliput acara.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Moderasi Beragama menekankan perlunya moderasi beragama dalam Pendidikan mengingat banyaknya kasus perekrutan yang menyasar siswa sekolah dan mahasiswa di perguruan tinggi.

Dalam kesempatan itu pula, Dekan FTIK UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Hj. Mukniah berharap dari pelaksanaan kegiatan workshop ini dapat menguatkan nilai-nilai moderasi beragama di kalangan umat khususnya pada lingkungan FTIK, sehingga dapat mencegah konflik dan radikalisme beragama dalam kerangka kerukunan umat beragama. "Saya mengharapkan para tokoh agama, dosen dan tenaga kependidikan, mampu menjadi jembatan strategis bagi mahasiswa untuk menggerakkan moderasi beragama ini, baik dalam keyakinan dan pemahaman keagamaan maupun tindakan konkret dalam melakukan pencegahan, mediasi, dan penyelesaian konflik antar umat beragama..

Selanjutnya narasumber I, yaitu Dr. H. Hasan baharun, M.Pd. yang juga Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid Probolinggo memaparkan materi workshop berjudul Perencanaan Pembelajaran Berbasis Moderasi Beragama. Salah model yang ditawarkan adalah model Assure, yaitu Analyze learner (melakukan analisis karakteristik pembelajar), State Objective (menetapkan tujuan pembelajaran), Select methods, media, and materials (memilih media, metode, dan bahan ajar), Ulitize materials (memanfaatkan bahan ajar), Require learner participation (melibatkan peserta didik dalam KBM), dan Evaluate and resive (mengevaluasi dan merevisi program)

Sedangkan Narasumber II, yaitu Hj. Najmah Fairuz, S.Psi.,M., M.Pd. yang juga merupakan Ketua Pengurus Majlis Taklim Perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Kabupaten Jember memaparkan ada lima indikator moderasi beragama, yaitu tawasuth (pertengahan), tasamuh (toleran) tawazun (seimbang), I’tidal (konsisten, tegas, dan adil), dan amar ma’ruf nahi mungkar (menyeru kebaikan dan mencegah kemungkaran)

Acara yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut ditutup oleh Wadek III, yaitu Dr. Mustajab, M.Pd. dan bisa disaksikan secara online di chanel youtub tim BAK FTIK pada laman https://www.youtube.com/watch?v=RJEyiFwvsSM (Rofiq Hidayat/editor: Evi Resti Dianita)


Video Terkait :

Unidha Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Sebagai penyelenggara Program Studi Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terkemuka di wilayah tapalkuda, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember merupakan Fakultas yang didirikan untuk memberikan bekal sikap, pengetahuan, dan keterampilan calon guru dan melaksanakan pendidikan profesi dalam jabatan bagi guru. FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember telah memiliki sarana dan prasana pendidikan seperti laboratorium dan gedung perkuliahan yang memadai.
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube