ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Keren! Dua Mahasiswi FTIK UIN KHAS Jember Lolos ke Event Pekan Tilawatil Qur'an Nasional

Home >Berita >Keren! Dua Mahasiswi FTIK UIN KHAS Jember Lolos ke Event Pekan Tilawatil Qur'an Nasional
Diposting : Jumat, 22 Mar 2024, 10:53:13 | Dilihat : 231 kali
Keren! Dua Mahasiswi FTIK UIN KHAS Jember Lolos ke Event Pekan Tilawatil Qur'an Nasional


Keren dan menginspirasi, dua kata yang tepat untuk kedua anak muda ini. Namanya Wilda Fajriyatus Sa'adah dan Khamidatus Sholeha Ma'rufin. Keduanya baru saja berhasil menyabet Juara 1 dalam event tahunan Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) ke-54 yang digelar oleh Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) Jember.

Dalam pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten Jember, keduanya berhasil membuktikan kemampuannya di antara 366 peserta yang berasal dari 31 Kecamatan. Saat itu, pelaksanaan event tingkat kabupaten Jember diadakan terpusat di dua kecamatan, yakni Tempurejo dan Ledokombo. Ratusan peserta memperebutkan penghargaan berupa Trophy, Piagam, dan total hadiah lainnya senilai 33,6 juta dari Pemerintah Kabupaten Jember. Hasil dari kegiatan tersebut adalah terpilihnya kafilah yang mewakili kabupaten Jember untuk diikutkan kembali dalam Pekan Tilawatil Qur'an RRI ke-54 di Tingkat Nasional. Ada tiga kategori yang dipertandingkan dalam perlombaan ini, yakni Tilawah (Membaca Al-Qur'an), Tausiyah (Berpidato), dan Tahfidz (Menghafal) Al-Qur'an.

Kini, Kedua mahasiswi yang masih kuliah di semester 4 tersebut kembali diutus mewakili Kabupaten Jember dalam event Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) Tingkat Nasional yang digelar di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Yogyakarta pada tanggal 21-26 Maret 2024. Jumlah total peserta dari ketiga kategori tersebut adalah 212 orang, yang terdiri dari putra dan putri, yang berasal dari 72 Satuan Kerja Radio Republik Indonesia (RRI) di seluruh wilayah Indonesia.

Wilda Fajriyatus Sa'adah merupakan mahasiswi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam FTIK UIN KHAS Jember. Mulanya, Wilda mengikuti PTQ se-Eks Karesidenan Jember dan Lumajang. Ia pun berhasil mengalahkan puluhan peserta lainnya sehingga dinobatkan sebagai Juara pertama dalam cabang lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an. Juara 1 dalam event PTQ RRI Jember tersebut pun mewakili Kabupaten Jember ke Tingkat PTQ RRI Nasional ke-54 di yogyakarta.

Sama halnya dengan Wilda, Khamidatus Sholeha Ma'rufin yang juga merupakan mahasiswi Program Studi PAI juga mengikuti seleksi di tingkat wilayah terlebih dahulu sebelum akhirnya berhasil meraih Juara 1 untuk cabang lomba Tahfidz Putri se-Kabupaten Jember. Ia pun lanjut mengikuti babak seleksi lagi di Tingkat Koordinator Wilayah Nusantara (Korwilnus) X perwakilan Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan di Surabaya pada 18 Maret lalu. Setelah berhasil terpilih di babak tersebut, Khamida didapuk sebagai finalis mewakili Provinsi Jawa Timur untuk maju ke Tingkat Nasional. Saat ditanya kiat dan persiapan apa yang dilakukan, penghafal Qur'an 30 juz tersebut mengungkap bahwa ia selalu meminta doa dan restu dari orang tua. Selain itu, ia kerap berlatih muroja'ah dengan ibunya melalui telepon untuk memperbanyak jumlah juz yang dihafal.

(Penulis: Evi RD/ Editor: Rofiq Hidayat)

;