ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

LAMDIK Laksanakan Asesmen Lapangan Prodi Tadris IPS, Dekan FTIK Harapkan Unggul

Home >Berita >LAMDIK Laksanakan Asesmen Lapangan Prodi Tadris IPS, Dekan FTIK Harapkan Unggul
Diposting : Kamis, 28 Mar 2024, 20:06:35 | Dilihat : 99 kali
LAMDIK Laksanakan Asesmen Lapangan Prodi Tadris IPS, Dekan FTIK Harapkan Unggul


Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menerima kunjungan asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) yang keenam pada awal tahun 2024 ini. Dan kali ini Asesmen Lapangan (AL) dilakukan pada Program Studi Tadris IPS. Kegiatan AL tersebut berlangsung di berbagai lokasi di FTIK UIN KHAS Jember, terutama di Ruang Rapat Utama, gedung FTIK Lantai 2.

Selama dua hari berurut-turut, pada tanggal 27-28 Maret 2024, dua asesor yang ditugaskan LAMDIK memotret penyelenggaraan program studi S1 Tadris IPS FTIK UIN KHAS Jember. Keduanya adalah Prof. Dr. Siti Nurbayani K., M.Si. dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Prof. Dr. Erni Suharini, M.Si. dari Universitas Negeri Semarang.

Di hari pertama, kedua asesor LAMDIK tersebut melakukan penilaian terhadap Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dengan didampingi oleh beberapa pejabat dari FTIK meliputi dekan, wakil dekan, koordinator prodi Tadris IPS, ketua tim Gugus Mutu FTIK, serta Kepala Unit/Lembaga UIN KHAS Jember. Selain itu, asesmen juga melibatkan partisipasi dari pengguna lulusan, alumni, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen tetap prodi Tadris IPS. Di hari berikutnya, asesmen dilakukan terhadap fasilitas/ sarana dan prasarana yang ada serta proses pembelajaran (microteaching).

Turut hadir mendampingi, Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., beserta Wakil Rektor I, Prof. Dr. M. Khusna Amal, S.Ag., M.Si., dan Wakil Rektor III, Dr. Khoirul Faizin, M.Ag. Pada sesi pembukaan di hari pertama, Rektor UIN KHAS Jember berkesempatan memberikan sambutannya. Dalam sambutan tersebut Prof. Hefni menyatakan apresiasinya atas terlaksananya asesmen lapangan pada prodi S1 Tadris IPS. Beliau juga menegaskan kegiatan ini sebagai salah satu langkah penting untuk tercapainya salah satu Dasacita Rektor di Tahun 2024, yakni Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul dan Akreditasi Internasional. "Tetap semangat bagi tim UPPS dan tim task force program studi yang sedang menjalani asesmen dalam keadaan berpuasa Ramadhan ini. Dan bagi kedua asesor, kami ucapkan selamat bekerja, selamat menjalankan tugas. Semoga apa yang kita ikhtiarkan bersama ini dihitung sebagai amal ibadah oleh Allah SWT", pungkas Prof. Hefni.

Di akhir kegiatan, Dekan FTIK UIN KHAS Jember, Dr. H. Abdul Mu'is, M.Si. menyampaikan rasa syukur atas telah terlaksananya asesmen lapangan prodi Tadris IPS. Beliau mengucapkan terima kasih atas kerja keras koordinator prodi dan tim task force yang telah dengan kompak dan maksimal mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki. Sebab kerja sama dan kekompakan tim merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan. Beliau juga mengharapkan masukan dan saran dari asesor yang sangat berharga bagi perbaikan dan peningkatan kualitas prodi Tadris IPS khususnya, dan juga seluruh prodi FTIK lainnya.

"Setelah berupaya semaksimal mungkin, kini kita pasrahkan hasilnya kepada Allah Swt.. Apapun keputusan LAMDIK nanti, yakinlah bahwa kerja keras kita semua tidak akan pernah sia-sia. Sekecil apapun usaha kita insyaallah bermanfaat bagi lembaga yang kita cintai bersama ini. Tentu kami senantiasa berharap semua prodi di FTIK UIN KHAS Jember bisa mendapatkan predikat akreditasi Unggul", imbuh beliau. 

(Penulis: Evi RD/ Editor: Rofiq Hidayat)

;