Perkuat Mutu Dosen, FTIK UIN KHAS Jember Godok Instrumen Penilaian CPL Berbasis OBE untuk Kurikulum 2024
Media Center FTIK - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember serius berbenah diri dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Pada hari Selasa, 26 November 2025, FTIK menyelenggarakan Orientasi Peningkatan Mutu Dosen dengan mengusung tema krusial: “Desain Instrumen penilaian CPL dengan Pendekatan OBE untuk Kurikulum 2024”.
Bertempat di Emerald Ballroom Hotel Royal Jember, kegiatan ini menghadirkan narasumber ahli, Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd., yang merupakan Koordinator Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran dari Universitas Jember. Hadir dalam acara ini Dekan, para Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, para Koordinator Prodi, para Dosen pengampu matakuliah khususnya kurikulum 2024.
Dekan FTIK UIN KHAS Jember, Dr. H. Abd. Muis, S.Ag., M.Si., dalam sambutan pembukaannya memberikan refleksi kritis terkait masalah-masalah yang masih terjadi dalam proses perkuliahan di FTIK. Beliau menyoroti problem ketidakhadiran beberapa dosen di kelas yang berimbas pada diskusi mandiri mahasiswa yang berjalan tidak kondusif.
“Bagaimana kita bisa memonitor pembelajaran yang dilakukan oleh dosen? Kita perlu merefleksi kembali soal mutu pembelajaran yang berlangsung selama ini. Jangan-jangan mutunya belum sesuai dengan standar atau harapan kita,” tegas Dr. Muis.
Beliau melanjutkan bahwa kegiatan orientasi ini merupakan ikhtiar nyata untuk mengatasi problem tersebut. Harapan terbesarnya, akreditasi Unggul yang telah diraih oleh fakultas bukan sekadar 'Unggul' di atas kertas, melainkan terwujud dalam peningkatan kualitas kemampuan mahasiswa yang sesungguhnya.
Sementara itu, Wakil Dekan I FTIK menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membuat proses evaluasi belajar mengajar di FTIK lebih efektif.
“Kami berharap kegiatan ini bisa merumuskan tolak ukur yang tepat untuk melihat ketercapaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dalam Kurikulum 2024,” ujar Wakil Dekan I.
Orientasi ini secara khusus membahas pendekatan yang bisa dilakukan dalam menilai CPL dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE), yakni dengan menyusun instrumen yang diturunkan langsung dari CPL. Hasilnya, instrumen tersebut diharapkan mampu menunjukkan kompetensi mahasiswa yang sesungguhnya.
Narasumber: Penilaian Harus Berbasis Capaian dan Bukti Shahih
Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd., menekankan aspek teknis dan urgensi pengukuran CPL terkait tuntutan akreditasi. Beliau mengingatkan bahwa penyusunan kurikulum wajib mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi Republik Indonesia tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, di mana “Penilaian harus dilakukan berbasis capaian”.
Dr. Dian juga menyoroti adanya kesalahpahaman dalam merumuskan hierarki CPL, CPMK, Sub-CPMK, dan penyusunan instrumen. Beliau mengingatkan bahwa akreditasi oleh LAMDIK ke depan akan menggunakan instrumen 3.0 yang menuntut persyaratan Unggul secara ketat.
“Mengukur pencapaian CPL di sini menjadi sangat penting bahkan prioritas. Prodi harus melakukan asesmen pencapaian CPL berdasarkan capaian hasil belajar mahasiswa pada minimal 25% matakuliah penciri Program Studi didukung bukti yang shahih,” tegas Dr. Dian. Jika diasumsikan standar minimal ditetapkan 50%, maka artinya, setidaknya ada sekitar 80 SKS atau 20 matakuliah yang hasil asesmen CPL-nya harus tercapai dan didukung oleh bukti-bukti yang valid.
Sebagai tindak lanjut, acara ini dilanjutkan dengan sesi penyamaan persepsi dosen pengampu matakuliah Fakultas yang dipandu oleh Zeiburhanus Saleh, S.S., M.Pd., Kepala Pusat Kurikulum UIN KHAS Jember.
Diskusi fokus pada matakuliah Fakultas seperti Ilmu Pendidikan, Filsafat Pendidikan, Studi Alquran dan Tafsir Tarbawi, Studi Hadits dan Hadits Tarbawi, dan Fikih Praktik Ibadah. Para dosen berdiskusi aktif dan antusias membahas keterkaitan CPL dan penjabarannya ke dalam CPMK serta Sub-CPMK, menunjukkan komitmen kolektif FTIK dalam meraih mutu pendidikan yang diakui secara nasional.
Penulis: Evi R. Dianita
Editor: A. Barocky Zaimina



