Rapat Koordinasi Persiapan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 Digelar secara Hybrid
![](https://ftik.uinkhas.ac.id/uploads/berita/rapat.png)
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mengadakan pertemuan dengan seluruh dosen dalam rangka berkoordinasi untuk persiapan perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 pada Hari Senin, Tanggal 12 Februari 2024 mulai Pukul 09.00 WIB. Pertemuan yang digelar secara hybrid ini dipimpin oleh Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, dan Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Sebagian besar dosen mengikuti jalannya rapat secara online melalui Live Zoom Meeting, sedangkan sebagian lainnya mengikuti secara offline di Ruang Rapat FTIK.
Dekan FTIK, Dr. Abdul Muis, S.Ag., M.Si. menyatakan bahwa, pertemuan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi guna meningkatkan kualitas perkuliahan, sekaligus sebagai sarana silaturrahim dengan seluruh dosen. Langkah ini juga merupakan wujud komitmen sikap profesional segenap pimpinan dan dosen FTIK dalam melakukan perbaikan di berbagai aspek, seperti akademik, proses pembelajaran, pelayanan, serta bidang kemahasiswaan untuk masa depan FTIK yang lebih baik.
Selanjutnya, beliau menekankan pentingnya bergerak bersama untuk mencapai peningkatan kualitas FTIK sebagaimana dicita-citakan oleh semua pihak. Dr. Abdul Muis, S.Ag., M.Si. menutup sambutannya dengan mengatakan bahwa, "FTIK adalah rumah kita bersama. Untuk itu, kritik, saran, ide, dan masukan semua pihak sangat kami harapkan untuk menguatkan dan mendukung langkah-langkah kami dalam mengemban amanah dan menjalankan tugas."
Wakil Dekan I, Dr. Khotibul Umam, MA, dalam pemaparannya menambahkan tentang hal-hal teknis penyelenggaraan perkuliahan di Semester Genap. Beberapa di antaranya yaitu pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara offline (80%) dan online (20%). Beliau juga mengingatkan supaya seluruh dosen segera menyusun Rencana Perkuliahan Semester (RPS) dengan mengacu pada format Outcome Based Education (OBE) kemudian mengunggahnya di akun SISTER masing-masing. Pentingnya pemanfaatan SISTER juga terkait pengisian data kehadiran mahasiswa, jurnal perkuliahan, dan pengisian kelengkapan perkuliahan lainnya. Hal ini harus menjadi perhatian semua dosen FTIK, sebab nantinya pada pertengahan dan akhir semester akan dilakukan monitoring oleh Tim Gugus Mutu dan Tim Kendali Mutu FTIK. Dan kedua tim tersebut juga akan mengecek kelengkapan dan kesesuaian RPS Matakuliah yang disusun oleh setiap dosen.
Wakil Dekan II, Dr. H. Mustajab, M.Pd.I, melanjutkan bincang-bincang rapat dengan penyampaian terkait kebijakan sarana dan prasarana perkuliahan FTIK. Beliau mengajak seluruh dosen berpartisipasi dalam pemeliharaan seluruh fasilitas yang ada demi kenyamanan bersama. Bila perlu, akan dirumuskan suatu kebijakan yang lebih spesifik terkait pengawasan sarana dan prasarana FTIK agar mencegah penyalahgunaan dan pencurian fasilitas.
Sedangkan Wakil Dekan III, Dr. Rif'an Humaidi, M.Pd.I, menambahkan dua hal terkait dengan ihwal kemahasiswaan. Yang pertama yaitu terkait beasiswa studi. Beliau menhimbau seluruh dosen untuk turut serta mensosialisasikan tentang beasiswa studi yang sangat penting bagi keberlangsungan studi mahasiswa FTIK. Melalui peran sebagai Dosen Perwalian Akademik (DPA), maka para dosen bisa mengingatkan mahasiswanya yang memiliki kesulitan dalam pelunasan biaya kuliah untuk selalu mengikuti kabar terkini penyediaan beasiswa dari berbagai pihak dan mengajukan permohonan beasiswa, seperti KIP Kuliah, Beasiswa BI (Genbi), beasiswa Cendekia BAZNAS, BIB LPDP, dan beasiswa yang disediakan oleh berbagai pemerintah daerah. Beliau juga mengingatkan bagi para dosen untuk turut andil dalam menjaring minat, bakat, dan potensi mahasiswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Hal tersebut penting untuk memudahkan dalam pelaksanaan program pengembangan minat dan bakat mahasiswa FTIK.
Sesi rapat dilanjutkan dengan tanya jawab antara pimpinan dan dosen FTIK. Para dosen tampak antusias menyampaikan pertanyaan, masukan, dan saran bagi kemajuan FTIK. Di akhir, acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Dr. Khoirul Anwar, M.Pd.I. Kegiatan rapat pun selesai pada pukul 12.05 WIB.
(Penulis: Evi R. Dianita/ Editor: Rofiq Hidayat)