ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Sambangi BAZNAS Purwakarta, LPTK UIN KHAS Jember Teken MoU dan Lakukan Monitoring PPG Daljab

Home >Berita >Sambangi BAZNAS Purwakarta, LPTK UIN KHAS Jember Teken MoU dan Lakukan Monitoring PPG Daljab
Diposting : Jumat, 26 Jul 2024, 07:55:08 | Dilihat : 185 kali
Sambangi BAZNAS Purwakarta, LPTK UIN KHAS Jember Teken MoU dan Lakukan Monitoring PPG Daljab


Media Center - LPTK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menjalin kerja sama dengan BAZNAS Kabupaten Purwakarta dalam menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penandatanganan perjanjian kerja sama yang berlangsung khidmat ini menandai langkah awal peningkatan kualitas guru PAI di Kabupaten Purwakarta.

Selain penandatanganan perjanjian kerja sama, kegiatan pertemuan ini sekaligus dalam rangka monitoring pelaksanaan PPG Daljab Batch 1 LPTK UIN KHAS Jember Tahun 2024. Hadir dalam kegiatan tersebut Dekan FTIK UIN KHAS Jember bersama para wakil dekan, koordinator Prodi PPG UIN KHAS Jember, Kabid PAI Kanwil Jawa Barat (H. Asnawi, S.Ag, M.Si), Kepala Kemenag Purwakarta (Dr. H. Hanif Hanafi, M.Si), Kasi PAIS Kemenag Purwakarta (H. Anang Suryana, S.Ag, MH), dan Kepala BAZNAS Purwakarta (Hj. Rika Ristiawati).

Kepala Kemenag Purwakarta menyambut dengan baik kehadiran LPTK UIN KHAS Jember menyapa dan menjalin kerja sama dengan Kemenag Purwakarta dan BAZNAS Purwakarta. Ia pun mengucapkan selamat datang dan berharap kerja sama bisa ini terjalin dengan baik serta membawa manfaat kepada seluruh guru PAI yang ada di kabupaten Purwakarta.
"Saya juga berharap 199 guru PAI peserta PPG Dalam Jabatan di LPTK UIN KHAS Jember bisa lulus 100%", imbuhnya.

Kabid PAI Kanwil Jawa Barat menjelaskan bahwa skema pembiayaan untuk keikutsertaan dalam PPG Daljab tidak bisa dilakukan mandiri, dibutuhkan kebersamaan antar pihak yang berkaitan. Ia berterima kasih kepada Kepala Kemenag Purwakarta atas dukungannya bagi terselenggaranya PPG ini. terima kasih juga kepada ketua BAZNAS Purwakarta dan seluruh jajarannya, dan juga kepada LPTK UIN KHAS Jember. Ia berpesan kepada seluruh guru PAI untuk mengikuti perkuliahan dengan baik dan penuh keseriusan, meskipun perkuliahan PPG ini dilaksanakan secara daring.

Lepas sambutan tersebut, Ketua BAZNAS Purwakarta menyatakan menyambut baik tawaran Kemenag Kabupaten Purwakarta guna pengentasan guru-guru PAI yang belum tersertifikasi. Dengan kerja sama ini pembiayaan pendidikan PPG Daljab untuk 199 guru PAI di kabupaten Purwakarta bersumber dari infaq terikat. Ia pun mengungkapkan keinginannya agar para guru PAI yang mengikuti program ini dapat meningkat dari segi kualitas kinerja dan kesejahteraannya. 

Dekan FTIK UIN KHAS Jember sekaligus Ketua LPTK UIN KHAS Jember, Dr. H. Abdul Mu'is, S.Ag., M.Si., mengungkapkan rasa syukurnya atas terlaksananya kerja sama ini. 
"Melalui kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru PAI Kabupaten Purwakarta, sehingga kualitas pendidikan agama di kabupaten tersebut pun semakin meningkat. Karena mewujudkan pendidikan yang berkualitas juga harus didukung dengan adanya guru-guru yang berkualitas. Tentunya, ini juga akan mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia secara keseluruhan. Selain itu, kerja sama ini juga membuka peluang bagi guru PAI Kabupaten Purwakarta untuk mengikuti program PPG Daljab yang berkualitas. Karena itu LPTK UIN KHAS Jember berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta PPG Daljab agar bisa lulus dengan maksimal", tegasnya.

Wakil Dekan 3 FTIK UIN KHAS Jember membeberkan bahwa penandatangaan PKS dan monitoring PPG bersama Kemenag Purwakarta dan BAZNAS Purwakarta ini menjadi salah satu bukti nyata atas kepedulian terhadap guru-guru PAI. Tujuannya adalah dalam rangka meningkatkan kualitas kompetensi dan kesejahteraan guru-guru PAI, khususnya di kabupaten Purwakarta. 
"Saya berharap, manfaat kerja sama ini bisa berkembang ke aspek-aspek yang lainnya, sehingga bisa mendukung keterserapan alumni UIN KHAS Jember, hususnya yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat", ucapnya.

(Evi Resti Dianita/Rofiq Hidayat)

;