ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Arahan Warek dalam Rakerpim FTIK 2024: Pastikan Program Dukung Dasacita Rektor

Home >Berita >Arahan Warek dalam Rakerpim FTIK 2024: Pastikan Program Dukung Dasacita Rektor
Diposting : Selasa, 07 May 2024, 10:01:15 | Dilihat : 97 kali
Arahan Warek dalam Rakerpim FTIK 2024: Pastikan Program Dukung Dasacita Rektor


Media Center - Para Wakil Rektor UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember berkesempatan mengisi acara Rapat Kerja Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Tahun 2024 di Hotel Wisda Rengganis Pasir Putih Situbondo pada Hari Senin, 06 Mei 2024. Dalam sesi yang dimulai pukul 19.00 WIB tersebut para wakil rektor memberikan pembinaan terkait program kegiatan FTIK UIN KHAS Jember ke depan berdasarkan Dasacita Rektor dan kewenangan masing-masing wakil rektor, mulai dari bidang akademik (Warek I), bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan (Warek II), dan bidang kemahasiswaan, alumni, dan kerja sama (Warek III).

Di samping apresiasi, ketiganya juga sempat memberikan sejumlah kritikan dan masukan terhadap program kegiatan FTIK yang sudah berjalan maupun yang akan datang. Jelasnya, Warek I, II, dan III mewanti-wanti hal yang senada, yakni memastikan agar Dasacita Rektor dan Visi-Misi UIN KHAS Jember dapat diterjemahkan dengan baik ke dalam setiap program kegiatan yang disusun oleh pimpinan FTIK. 

Wakil Rektor I, Prof. Khusna Amal, dalam paparannya sempat menyebut soal peluang menyelenggarakan Labschool untuk merespon kebutuhan masyarakat. Ini sejalan dengan salah satu dasacita Rektor UIN KHAS Jember yang kesepuluh, yakni Diversifikasi dan Optimalisasi unit bisnis BLU.

Selain itu, ia juga menekankan soal target akreditasi internasional. Saat ini di FTIK sudah ada 7 prodi yang terakreditasi unggul dan ke depan harus disiapkan untuk mengikuti akreditasi internasional FIBAA, ASIIN, dsb. Sesuai dengan Dasacita Rektor yang kedua, APT Unggul dan Akreditasi Internasional. Untuk itu, ia meminta agar FTIK bisa lebih memperluas jejaring internasional, menggagas program-program berskala internasional, meningkatkan international collaborative teaching, research and community development, dan menyiapkan SDM yang mumpuni. Tak cukup di situ, ia juga mendorong agar lebih banyak lagi dilaksanakan forum ilmiah yang dapat mendukung terciptanya iklim akademik, seperti kuliah umum/public lecture, studium general, dan sebagainya.

Sementara itu, Wakil Rektor II, Dr. Ainur Rafik, lebih banyak mengurai terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di balik rendahnya tingkat keterserapan anggaran di tingkat Universitas dan Fakultas. Di antaranya adalah pendapatan yang tidak mencapai target. Selain itu juga disampaikan masukan-masukan agar anggaran FTIK di Tahun 2024 dapat terserap dengan maksimal. 

Terdapat kurang lebih 37 rencana kegiatan FTIK yang terangkum dalam RKAK/L FTIK di Tahun 2024. Sehingga ia megingatkan agar rencana program tersebut dapat ditinjau ulang dan difinalisasi agar bisa segera terealisasi. Ia juga berpesan agar pihak pimpinan/pengelola FTIK selalu menggunakan skala prioritas dalam pelaksanaan program.

Sebagai pembicara ketiga malam itu, Wakil Rektor III, Dr. Khoirul Faizin, menyinggung tentang pentingnya melebarkan sayap ke negara-negara terkemuka di dunia melalui kerja sama. Dalam paparannya, ia menyebutkan beberapa negara yang sudah menjalin kerja sama dengan UIN KHAS Jember, seperti Jerman, Yordania, dan Saudi Arabia. Maka tugas FTIK terkait ini ialah menyiapkan program-program kegiatan yang tepat dan juga penguatan terhadap mahasiswa dalam hal penguasaan bahasa asing. Menurutnya, ini sangat penting untuk mengingkatkan rekognisi kampus di antara negara-negara lainnya.

Peningkatan prestasi mahasiswa juga menjadi salah satu perhatian penting. Ia meminta agar FTIK lebih sigap lagi melakukan penjaringan bakat dan minat, memberi pembinaan dan menyiapkan talenta yang dibutuhkan untuk diterjunkan dalam berbagai event kompetisi yang akan menjelang, baik antar PTKIN maupun antar institusi lainnya. Selain kedua hal tersebut, beberapa hal yang disampaikan antara lain berkaitan dengan kebijakan-kebijakan yang perlu untuk meningkatkan kunjungan ke perpustakaan dan peningkatan fungsi ma'had kampus. Terakhir ucapnya, "mari perlahan secara serius dan kontinu melakukan perubahan walaupun itu kecil".

(Evi R. Dianita/Rofiq Hidayat)
 

;