ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

FTIK Tuan Rumah Kegiatan DWP UINKHAS Jember Selenggarakan Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks dan

Home >Berita >FTIK Tuan Rumah Kegiatan DWP UINKHAS Jember Selenggarakan Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks dan
Diposting : Kamis, 28 Jul 2022, 08:13:51 | Dilihat : 619 kali
FTIK Tuan Rumah Kegiatan DWP UINKHAS Jember Selenggarakan Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks dan


Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN KHAS Jember menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pencegahan dan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara pada Hari Rabu, Tanggal 27 Juli 2022, dengan mengusung tema “Tes IVA sebagai Upaya Deteksi Dini wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara”. Bertempat di ruang Rapat Lantai 2 Gedung FTIK UIN KHAS Jember, kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Klinik Pratama Rawat Jalan IAIN Jember, Dinas Kesehatan, dan Parahita Laboratorium Center. Acara sosialisasi ini juga menghadirkan dr. Maulidah Ayuningtyas (Dokter Umum Klinik Pratama Rawat Jalan IAIN Jember) dan perwakilan dari Parahita Laboratorium Center sebagai narasumber.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian dari program kegiatan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI (DWP Kemenag RI) dalam rangka mengadakan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis) secara gratis yang rencananya akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 10 Agustus 2022 di seluruh Indonesia. Event tersebut digagas oleh DWP Kemenag RI dalam rangka memperingati Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, serta dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI serta Dinas Kesehatan setempat, baik di kantor wilayah maupun kabupaten/kota.

Ketua DWP UIN KHAS Jember, dalam sambutannya, menyampaikan menjelaskan tentang pentingnya mengetahui lebih dekat mengenai pencegahan kanker serviks dan payudara serta bagaimana cara pencegahannya. Selain itu, banyak yang belum memahami tentang ragam cara yang dapat dilakukan oleh perempuan dewasa untuk mendeteksi secara dini kanker serviks dan payudara, yang antara lain adalah Tes IVA dan Sadanis. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi dan deteksi dini ini menjadi sangat penting dan diharapkan agar para anggota DWP UIN KHAS Jember tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Hingga saat ini sudah ada sekitar 61 orang anggota DWP UIN KHAS Jember yang mendaftarkan diri mengikuti Tes IVA dan Sadanis secara gratis. Tes IVA dan Sadanis secara gratis akan dilakukan secara bertahap. Pelaksanaan tahap pertama yaitu pada tanggal 10 Agustus 2022 yang diikuti oleh 20 orang pendaftar pertama dan dilaksanakan di Klinik Pratama Rawat Jalan IAIN Jember. Sementara sisanya akan mengikuti Tes IVA dan Sadanis secara terjadwal di Puskesmas Mangli.

Sementara itu, dr. Maulidah Ayuningtyas dalam pemaparannya menjelaskan bahwa kanker payudara dan kanker serviks merupakan jenis penyakit kanker paling mematikan ke-1 dan ke-2 di Indonesia (berdasarkan data Globocan pada tahun 2020 dan Kemenkes). Dalam materi yang disampaikan, dokter muda tersebut menjelaskan banyak hal seputar penyakit kanker, kanker serviks, dan kanker payudara, termasuk di dalamnya ciri dan gejala awal kanker serviks dan payudara, cara-cara deteksi lebih dini kanker serviks dan payudara, cara pencegahan kanker serviks dan payudara, serta hal-hal apa saja yang harus dilakukan jika sudah didapatkan hasil tes deteksi dini kanker serviks dan payudara.

Sesi materi kemudian diikuti dengan pengenalan ragam layanan tes untuk deteksi dini kanker serviks dan payudara oleh perwakilan dari Parahita Laboratorium Center. Setelah itu diadakan sesi tanya jawab yang dilanjutkan dengan praktik Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) oleh Ibu-Ibu anggota DWP UIN KHAS Jember. Acara ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ibu Prof. Dr. Dra. Hj. Titiek Rohanah H, M.Pd. (Penulis: Evi Resti Dianita, Editor: Rofiq Hidayat)

;