ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Lepas Peserta PLP Tahun 2024, Dekan FTIK UIN KHAS Jember Sampaikan Ini

Home >Berita >Lepas Peserta PLP Tahun 2024, Dekan FTIK UIN KHAS Jember Sampaikan Ini
Diposting : Senin, 02 Sep 2024, 15:57:22 | Dilihat : 277 kali
Lepas Peserta PLP Tahun 2024, Dekan FTIK UIN KHAS Jember Sampaikan Ini


Media Center - Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember Tahun Akademik 2024/2025 telah dimulai. Pada pagi hari ini, Senin, 02 September 2024, Pukul 07.00 WIB telah dilaksanakan apel pagi dalam rangka pelepasan peserta PLP. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman depan gedung FTIK UIN KHAS Jember dengan diikuti oleh para pimpinan mulai dari Dekan, para Wakil Dekan, Kepala Bagian Tata Usaha, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Koordinator Prodi, Dosen Pembimbing Lapangan, dan seluruh peserta PLP.

Dekan FTIK UIN KHAS Jember, Abdul Mu'is, menyampaikan sambutan dan arahannya sekaligus melepas peserta PLP yang berjumlah 1158 tersebut. Dalam sambutannya, Abdul Mu'is menekankan tujuan dari PLP ini sebagai wahana mencetak para calon guru dan tenaga kependidikan yang profesional. Karena itu, diharapkan setelah mengikuti PLP mahasiswa dapat mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam aspek pembelajaran, mulai dari menyusun perangkat pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, mengevaluasi, serta mempraktikkan pengelolaan pendidikan bagi mahasiswa prodi MPI.

Dekan FTIK juga berpesan kepada peserta untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masing-masing hingga PLP selesai. Ia meminta para peserta untuk memanfaatkan masa PLP dengan baik.
"Manfaatkan waktu selama dua bulan ini untuk belajar dan menimba ilmu praktik. Adik-adik sudah mempelajari teori terkait pembelajaran dan juga administrasi pendidikan di bangku kuliah. Kini saatnya bagi adik-adik mempraktikkan apa yang sudah dipelajari selama 6 semester ini. Oleh karena itu, dua bulan ke depan akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi para peserta PLP, karena dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan dan juga guru pamong di lembaga masing-masing", pesan Dekan FTIK.

Di akhir penyampaiannya, Dekan FTIK mengingatkan seluruh peserta agar menjaga nama baik almamater UIN KHAS Jember. "Jagalah perilaku dan akhlak yang baik. Tunjukkan bahwa mahasiswa FTIK UIN KHAS Jember memiliki karakter yang baik dan mampu menjadi teladan. Kami juga memohon para DPL untuk mengawasi mahasiswa peserta PLP yang dibimbingnya", pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan 1, Khotibul Umam, dalam laporannya membeberkan jumlah lembaga mitra dalam PLP kali ini berjumlah 124. Jumlah tersebut tersebar di 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Probolinggo, Situbondo, dan Lumajang. Sementara jumlah DPL yang diikutsertakan berjumlah 131 orang. PLP ini berlangsung sejak tanggal 2 September 2024 dan akan berakhir pada tanggal 4 November 2024. Ia pun berharap PLP ini dapat berjalan dengan baik, sukses dan lancar. 

image host 

Di akhir acara, dilaksanakan proses pelepasan balon sebagai simbol dilepasnya peserta PLP FTIK UIN KHAS Jember Tahun Akademik 2024/2025 secara resmi. Pelepasan balon dipimpin oleh Dekan, didampingi oleh para Wakil Dekan, Kabag TU, dan Ketua Jurusan. Acara pun ditutup dengan doa dan foto bersama.

(Evi R. Dianita/ Rofiq Hidayat)

 

;