ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

LPTK UIN KHAS Jember Jalin Kemitraan dengan BAZNAS Situbondo dalam Pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2024

Home >Berita >LPTK UIN KHAS Jember Jalin Kemitraan dengan BAZNAS Situbondo dalam Pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2024
Diposting : Rabu, 17 Jul 2024, 13:45:32 | Dilihat : 1208 kali
LPTK UIN KHAS Jember Jalin Kemitraan dengan BAZNAS Situbondo dalam Pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2024


Media Center - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dan BAZNAS Kabupaten Situbondo sepakat untuk menjalin kerja sama dalam penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) untuk Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Batch-1 Tahun 2024. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN KHAS Jember, Dr. H. Abdul Mu'is, S.Ag., M.Si., dan Ketua BAZNAS Kabupaten Situbondo, Abdullah Fathin, M.Ag., di Ruang Rapat Dekanat Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember pada Hari Rabu, 17 Juli 2024, Pukul 11.00 WIB.

Pertemuan tersebut dihadiri pula oleh perwakilan Kantor Kemenag Kabupaten Situbondo, para Wakil Dekan FTIK UIN KHAS Jember, Koordinator Program Studi PPG, Kabag TU FTIK, dan staf admin Prodi PPG. Kesepakatan ini merupakan wujud komitmen bersama kedua belah pihak dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru PAI di Kabupaten Situbondo.

Dekan FTIK sekaligus Ketua LPTK UIN KHAS Jember, Dr. H. Abdul Mu'is, S.Ag., M.Si., menyampaikan bahwa PPG Daljab Guru PAI Batch-1 ini tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan guru PAI yang berkualitas, tetapi juga untuk memperluas arah dan kebijakan dalam peningkatan kapasitas dan kompetensi guru PAI.

"Peningkatan kesejahteraan para guru, utamanya guru PAI, harus menjadi perhatian bersama demi tercapainya peningkatan kualitas pendidikan. Sementara itu, masih banyak guru PAI yang sudah bertahun-tahun lamanya mengabdi namun masih belum mengalami peningkatan kesejahteraan, bahkan masih berstatus honorer. Melalui kerja sama ini, kami harap dapat berkontribusi dalam rangka peningkatan profesionalisme guru PAI yang sekaligus juga berdampak pada peningkatan kesejahteraannya", tuturnya.

Dalam sambutannya, Abdul Mu'is juga menyatakan siap memfasilitasi berbagai kegiatan pelatihan dan workshop untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru PAI di Kabupaten Situbondo. Diharapkan program ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi guru-guru PAI dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Situbondo. 

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kabupaten Situbondo, Abdullah Fathin, M.Ag., menyampaikan tentang harapannya agar para guru PAI di Kabupaten Situbondo yang belum tersertifikasi dapat segera tuntas dalam beberapa tahun ke depan. Masih banyak di antara mereka yang sudah lama mengabdi sebagai guru PAI, namun masih belum terbiasa dengan penggunaan teknologi dan pelibatan inovasi dalam pembelajaran. Karena itu beliau berharap adanya pendampingan dan bimbingan yang intensif kepada para guru PAI tersebut agar dapat lulus 100 persen.

Sebagai tindak lanjut dari kerja sama ini, sebanyak 112 orang Guru PAI di Kabupaten Situbondo telah dinyatakan sebagai peserta PPG Dalam Jabatan pada Batch 1 Tahun 2024 pada LPTK UIN KHAS Jember.

(Evi R. Dianita/Rofiq Hidayat)

;