ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Perkuat Penguasaan Metodologi Penelitian Mahasiswa, Prodi MPI FTIK UIN KHAS Jember Gelar Kuliah Tamu

Home >Berita >Perkuat Penguasaan Metodologi Penelitian Mahasiswa, Prodi MPI FTIK UIN KHAS Jember Gelar Kuliah Tamu
Diposting : Kamis, 06 Jun 2024, 21:38:57 | Dilihat : 59 kali
Perkuat Penguasaan Metodologi Penelitian Mahasiswa, Prodi MPI FTIK UIN KHAS Jember Gelar Kuliah Tamu


Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menyelenggarakan Kuliah Tamu pada Hari Rabu, 05 Juni 2024, dengan tema "Penguatan Metodologi Penelitian bagi Mahasiswa dalam Bidang Manajemen Pendidikan Islam". Acara ini diadakan di Ruang Pertemuan Gedung FTIK Lt.2 dan dihadiri oleh lebih dari 100 peserta, termasuk dosen dan mahasiswa Prodi MPI dari berbagai angkatan. Ketua Progam Studi MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang sekaligus merupakan sekretaris Umum Perkumpulan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (PPMI), Dr. Zainal Arifin, M.S.I, menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Pembukaan acara secara resmi dilakukan oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Rif'an Humaidi. Dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa seminar ini merupakan bentuk konkrit dari upaya menggugah motivasi dan membangun inspirasi tentang bagaimana mengembangkan potensi dan kompetensi mahasiswa di bidang penelitian. Tentu tujuannya adalah untuk memudahkan mahasiswa dalam menyusun skripsi agar nantinya dapat menyelesaikan studi dengan lebih cepat. Ia pun berharap kegiatan tersebut dapat menjadi forum dialog sekaligus konsultasi yang interaktif terkait metodologi penelitian.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Prodi MPI, Dr. Ahmad Royani, juga menjelaskan bahwa kegiatan ini didasarkan pada isu penelitian dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam yang semakin berkembang. Melihat tantangan tersebut, para mahasiswa membutuhkan refreshment agar bisa mengikuti perkembangan tren-tren penelitian terkini. Diharapkan usai kegiatan ini mahasiswa mampu merancang judul penelitian serta mampu menyusun proposal penelitian dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam dengan baik.

Selanjutnya, dalam penyampaian materi Dr. Zainal Arifin menjelaskan beberapa poin penting terkait metode penelitian. Di antaranya seperti: mengenal isu-isu penelitian dalam bidang MPI, konteks penelitian, mengenal data dalam penelitian, literature review, penguatan teori dalam penelitian, dan penyusunan referensi yang baik. Selain itu, dalam kegiatan kuliah tamu ini mahasiswa juga diperkenalkan dengan teknik penyusunan artikel hasil penelitian.

(Evi R. Dianita/Rofiq Hidayat)

;