ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Rakerpim FTIK 2024 Bahas Reformulasi Kurikulum, Mutu Tata Kelola, dan Rekognisi Internasional

Home >Berita >Rakerpim FTIK 2024 Bahas Reformulasi Kurikulum, Mutu Tata Kelola, dan Rekognisi Internasional
Diposting : Selasa, 07 May 2024, 17:15:37 | Dilihat : 85 kali
Rakerpim FTIK 2024 Bahas Reformulasi Kurikulum, Mutu Tata Kelola, dan Rekognisi Internasional


Media Center - Hari kedua pelaksanaan Rapat Kerja Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember (07/05/2024) berlangsung dalam dua sesi, penyampaian materi oleh narasumber dan pelaksanaan rapat komisi. Sesi penyampaian materi dimulai pada pukul 08.00 WIB mengupas banyak hal terkait penyusunan kurikulum Outcome Based Education (OBE) dalam rangka implementasi MBKM. Pukul 13.00 WIB forum berlanjut dengan pelaksanaan rapat komisi. Fokus pembahasan dalam rapat kerja tahun 2024 ini berpusat pada tiga isu utama, yakni penyusunan Kurikulum FTIK 2024 Berbasis OBE, perbaikan tata kelola FTIK, dan peningkatan rekognisi internasional. Selaras dengan Dasacita Rektor UIN KHAS Jember, yang di antaranya ialah Eksekusi SKPI dan Implementasi Kurikulum OBE; Reformasi Birokrasi Berbasis Regulasi; dan Rekognisi Nasional dan Internasional bagi Dosen, Mahasiswa, dan Institusi.

Sesi materi menghadirkan Dr. Dian Kurniati, M.Pd. yang merupakan Koordinator Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran LPMPP Universitas Jember. Dosen yang juga instruktur itu memaparkan materi dengan judul "Penyusunan Kurikulum OBE - Implementasi MBKM" dan "Penentuan Capaian Pembelajaran (Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan". 

Dalam presentasinya, Dr. Dian Kurniati mengulas tentang cara pandang dan karakteristik outcome based education, hal-hal yang dibutuhkan dalam pencapaian outcome based education, perumusan capaian pembelajaran (CPL, CPMK, sub-CPMK), hingga simulasi pemetaan mata kuliah. Para peserta terlihat sangat antusias menyimak materi yang disampaikan. Tanya jawab pun berlangsung dangan sangat aktif.

Usai shalat dzuhur dan makan siang, rapat komisi dimulai. Setiap kelompok saling melakukan diskusi secara terfokus sesuai bidang masing-masing. Ada 3 komisi dalam rapat kerja ini, Komisi 1 membahas bidang akademik, Komisi 2 membahas keuangan, umum, dan sarana-prasarana, dan Komisi 3 membahas kemahahasiswan dan kerja sama. Komisi 1 diketuai oleh Wakil Dekan I, demikian pula halnya Komisi 2 dipimpin oleh Wakil Dekan II, dan Komisi 3 dipimpin oleh Wakil Dekan III.

Rapat komisi 1 menghasilkan kesepakatan terkait tindak lanjut penyusunan Kurikulum 2024 FTIK yang mengacu pada prinsip-prinsip OBE. Kurikulum 2024 tersebut akan diterapkan mulai Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 mendatang.

Komisi 2 menghasilkan timeline rencana realisasi anggaran FTIK dalam RKAK/L tahun 2024. Rapat komisi ini juga meninjau ulang beberapa kegiatan yang kurang sesuai dengan kebutuhan untuk ditindaklanjuti melalui usulan RKAK/L tahun 2025. Tak kurang dari 19 kegiatan yang direncanakan, termasuk di dalamnya yang berkaitan dengan peningkatan mutu SDM FTIK (dosen dan tenaga kependidikan), pengembangan kemahasiswaan, serta perbaikan sarana-prasarana.

Sementara itu, Komisi 3 menghasilkan beberapa rencana aksi seperti pembinaan skill mahasiswa, peningkatan prestasi nasional dan internasional, pengembangan kerja sama internasional, dan penguatan partisipasi alumni. Komisi ini juga mengusulkan program optimalisasi publikasi dan komunikasi dan pengembangan jurnal ilmiah mahasiswa.

Dekan FTIK, Abdul Mu'is berharap apa yang telah menjadi hasil kesepakatan dalam forum rapat kerja ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab sesuai target yang disusun. Seluruh agenda diharapkan selesai sebelum Desember 2024. Tentunya pelibatan berbagai unsur yang ada sangat penting agar program dapat berjalan dengan maksimal.

(Evi R. Dianita/ Rofiq Hidayat)

 

;