ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Rektor Buka Rapat Kerja Pimpinan FTIK UIN KHAS Jember Tahun 2024 di Situbondo

Home >Berita >Rektor Buka Rapat Kerja Pimpinan FTIK UIN KHAS Jember Tahun 2024 di Situbondo
Diposting : Senin, 06 May 2024, 17:08:50 | Dilihat : 114 kali
Rektor Buka Rapat Kerja Pimpinan FTIK UIN KHAS Jember Tahun 2024 di Situbondo


Media Center  – Rektor UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M. membuka perhelatan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) tahun 2024 di Wisda Rengganis Situbondo, pada hari Senin (6/5/2024). Pembukaan dihadiri Rektor (via Zoom Meeting), para wakil rektor, dekan dan para wakil dekan FTIK, kabag FTIK, para ketua jurusan, para koordinator program studi dan sekretaris program studi, serta para undangan.

Dekan FTIK Dr. H. Abd. Mu’is, S.Ag., M.Si. dalam sambutannya menyebutkan, Rakerpim kali ini digelar secara luring dan berlangsung hingga Rabu (6/5/2024). Meski FTIK menjadi satu-satunya Fakultas di UIN KHAS Jember yang belum melaksanakan Rakerpim, hal itu bisa dimaklumi karena di awal 2024 FTIK fokus pada  serangkaian kegiatan Asesmen Lapangan dan saat ini sudah kegiatan tersebut sudah selesai dan menuai predikat unggul.

“Rakerpim ini digelar di Hotel Wisda Rengganis Pasir Putih Situbondo selama tiga hari, pada 6-8 Mei 2024, yang diikuti 80 peserta. Alhamdulillah sebagian besar sudah mengisi form kesediaan untuk mengikuti acara ini dari awal hingga tuntas.” katanya.

Dekan FTIK menambahkan, agenda Rakerpim ini akan diisi dengan pengayaan dan masukan dari berbagai pakar terkait isu-isu strategis penguatan tata Kelola kelembagaan FTIK UIN KHAS Jember. Hal tersebut sesuai tema Rakerpim 2024, yakni “Memperkuat Kualitas Tata Kelola Kelembagaan, Akademik, Prestasi, dan Akreditasi Unggul”. Dekan berharap ke depannya paradigma para pimpinan adalah melayani bukan dilayani karena itu adalah paradigma dari akreditasi unggul. Juga menaikkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat internasional secara kolaboratif antara dosen dan mahasiswa.

Di antara pembicara yang tampil adalah Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. (Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember), Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., Prof. Dr. Khusna Amal, S.Ag.,M.Si., Dr.H. Ainur Rafik, M.Ag., Dr. Khoirul Faizin, M.Ag. dan Dr. H. Nawawi, M.Fil.I  Selain pengayaan, Rakerpim juga membahas berbagai aspek bagi pengembangan FTIK UIN KHAS Jember. Ada tiga komisi penting yang masuk agenda pembahasan.

Komisi 1: membahas mengenai pendidikan, akademik dan pengembangan kelembagaan,

Komisi 2: tentang pembiayaan, umum, pengembangan sarana dan prasarana

Komisi 3: tentang kemahasiswaan, kerja sama, dan peningkatan prestasi mahasiswa

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M. dalam sambutannya mengatakan, Rakerpim FTIK merupakan kelanjutan dari Rakerpim Universitas yang dilaksanakan beberapa bulan yang lalu dan diharapkan segera melaksanakan program prioritas dan bersifat sustainable atau berkelanjutan dan bisa diukur per semester tahunan atau selama  empat tahun ke depan. Kedua meaningful atau bermakna sehingga bisa bermanfaat untuk stakeholder. Ketiga yaitu Adaptability/adaptif, menyesuaikan dengan program-program universitas dan mengadaptasi dengan perkembangan yang ada. Keempat, Responsibility, usai rakerpim harus merespon dengan cepat segala permasalahan yang ada sebagai bentuk tanggungjawab. Terakhir, yaitu Treasure sebagai bentuk kebermanfaatan. Setiap program yang dicanangkan harus diukur dan evaluasi kebermanfaatannya.

“Hasil dari Rakerpim FTIK UIN KHAS Jember harus sesuai dengan Dasacita yang dicanangkan oleh Rektor UIN KHAS Jember dengan berbasis outcome yang baik.” ujarnya.

Acara pembukaan selanjutnya ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Kabiro AUPK, Dr. H. Nawawi, M.Fil.I.

(Penulis: Rofiq Hidayat/Editor: Evi Resti Dianita)

 

;