ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Terima Kunjungan dari Narathiwat Province, FTIK Tindaklanjuti Program Asistensi Mengajar

Home >Berita >Terima Kunjungan dari Narathiwat Province, FTIK Tindaklanjuti Program Asistensi Mengajar
Diposting : Sabtu, 27 Apr 2024, 18:28:07 | Dilihat : 94 kali
Terima Kunjungan dari Narathiwat Province, FTIK Tindaklanjuti Program Asistensi Mengajar


27/04/2024 -- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember hari ini menerima kunjungan Mrs. Supinya Wongnam dari Dinas Pendidikan Sekolah Dasar Kebangsaan Provinsi Narathiwat Thailand. Diketahui kegiatan ini bertujuan membahas kerja sama luar negeri antar kedua belah pihak dalam bidang pendidikan. Diawali dengan kegiatan seremonial di ruang Rektor, acara kemudian dilanjutkan di Ruang Rapat Gedung FTIK untuk penandatanganan MoU tentang kegiatan Asistensi Mengajar.  Tak sendiri, Mrs. Supinya Wongnam membawa serta 7 orang lainnya dalam rombongan, yaitu:
1. Mr. Burahan Ihaloh (Direktur Sekolah Kebangsaan Ban Yaning)
2. Mr. Mahamasayuti Liki (Direktur Sekolah Kebangsaan Ban Ringe)
3. Mr. Zakee Sama-ae (Direktur Sekolah Kebangsaan Ban Bukitta Mitraphat 128)
4. Mrs. Nasila Saho (Direktur Sekolah Kebangsaan Ban Kumung)
5. Mrs. Yaweena Tae (Direktur Sekolah Kebangsaan Ban Kalisa)
6. Mr. Rorsi Che-mudo (Dosen Santiwit Technological College Songkhla)
7. Mr. Furkorn Musor (Alumni FTIK UIN KHAS Jember Asal Pattani Thailand)

Dekan FTIK, Dr. H. Abdul Mu'is, M.Si., menyambut baik kehadiran tamu dari Thailand tersebut. Beliau mengucapkan selamat datang sekaligus mengutarakan keinginannya agar kedua belah pihak dapat meningkatkan hubungan kerja sama ini tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi juga di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beliau juga berharap akan terus ada peningkatan animo calon mahasiswa yang berasal dari Thailand di UIN KHAS Jember, khususnya  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Wakil Dekan I, Dr. Khotibul Umam, M.A. menyampaikan bahwa pertemuan ini menjadi bagian penting dari tindak lanjut atas pelaksanaan Program Asistensi Mengajar di luar negeri pada tahun 2024 ini. "Sebagaimana yang pernah disampaikan pada Bulan Februari 2024 lalu bahwa FTIK akan menerjunkan sekitar 32 orang delegasi dari berbagai Prodi untuk melaksanakan kegiatan Asistensi Mengajar (Asjar) di Thailand selama kurang lebih 4 bulan. Kegiatan tersebut akan dimulai tanggal 15 Mei 2024 sampai bulan Agustus 2024. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi semacam temu kangen mahasiswa Asjar FTIK periode tahun sebelumnya dengan pengelola lembaga yang pernah ditempati selama melaksanakan Asjar di Thailand", terang Beliau.

As'ari, M.Pd.I, selaku koordinator pelaksana kegiatan Asistensi Mengajar, menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi momen untuk membahas persiapan-persiapan yang diperlukan untuk penempatan mahasiswa di Thailand. Di samping hal tersebut juga membicarakan terkait hak-hak dan kewajiban mahasiswa peserta Asjar selama berada di Thailand.

(Evi R. Dianita/ Rofiq Hidayat)

;