ftik@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Tingkatkan Mutu Kinerja Tenaga Kependidikan, FTIK UIN KHAS Jember Adakan Pelatihan Pelayanan Prima

Home >Berita >Tingkatkan Mutu Kinerja Tenaga Kependidikan, FTIK UIN KHAS Jember Adakan Pelatihan Pelayanan Prima
Diposting : Sabtu, 08 Jun 2024, 19:46:17 | Dilihat : 63 kali
Tingkatkan Mutu Kinerja Tenaga Kependidikan, FTIK UIN KHAS Jember Adakan Pelatihan Pelayanan Prima


Media Center - Demi mengoptimalkan performa dan kinerja para tenaga kependidikan (tendik), Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menyelenggarakan pelatihan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hall Kalibaru Cottage Banyuwangi pada 7-9 Juni 2024. Hadir sebagai narasumber, Dr. Selvi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si., yang merupakan seorang Trainer pengembangan SDM dari Prashanti Training Centre.

Dr. Selvi dalam sesi penyampaian materi memaparkan beberapa hal berkaitan dengan profesionalisme dan pelayanan prima. Dalam pemaparannya tersebut disebutkan bahwa untuk menjadi tenaga yang profesional, dibutuhkan daya adaptasi yang tinggi agar dapat menempatkan diri dalam berbagai situasi dan menghadapi tantangan yang beragam. Dengan kemampuan beradaptasi juga artinya seorang pegawai mampu berkomunikasi dengan baik, berpikir kreatif, dan mampu menyelesaikan masalah dengan cepat. 

Menurut Dr. Selvi, terdapat empat hal yang menjadi ukuran penerapan pelayanan prima, yakni kecepatan, ketepatan, keramahan, dan kenyamanan. Menariknya, dalam sesi materi tersebut para peserta diajak untuk bersama-sama mensimulasikan cara-cara pemberian pelayanan prima. Seluruh peserta pun tampak antusias dan semangat.

Wakil Dekan I, Khotibul Umam, menekankan pentingnya peran tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pentingnya peran tenaga kependidikan terutama dalam pengelolaan data-data akademik, serta bagaimana memastikan agar layanan akademik dan kemahasiswaan bisa berjalan dengan baik.

Ia pun menegaskan bahwa semua unsur yang ada, mulai dari operator akademik, laboran, petugas security, bahkan tenaga kebersihan, memiliki perannya masing-masing yang dapat menopang pengelolaan di FTIK. Contohnya, mulai dari penyiapan sarana dan prasarana agar proses perkuliahan berlangsung dengan lancar dan nyaman, termasuk juga jaminan keamanan agar dosen dan mahasiswa bisa melaksanakan perkuliahan dengan tenang. Di samping itu, dukungan tenaga administrasi yang dibekali skill yang cukup untuk mewujudkan layanan administrasi berbasis IT juga sangat diperlukan.  

"Ada tiga kunci utama peningkatan kualitas layanan akademik. Yang pertama adalah kesadaran yang tinggi untuk menjalankan tugas-tugas pokok dan fungsi. Yang kedua yaitu komitmen dan penerapan pelayanan prima dan sebaik-baiknya. Dan yang ketiga, keikhlasan dan ketulusan hati. Niatkanlah bekerja untuk ibadah, supaya kita tidak sekedar lelah melaksanakan pekerjaan, tetapi juga merasakan ketenangan dalam rangka meraih keberkahan", imbuhnya.

Di akhir, Wakil Dekan I mewakili segenap pimpinan mengungkapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras para tenaga kependidikan FTIK UIN KHAS Jember dalam menjalankan tugas-tugasnya. Ia pun mengajak agar semua senantiasa tetap berkomitmen meningkatkan mutu kinerja dalam rangka meningkatkan kualitas layanan akademik kepada seluruh civitas akademika.

(Evi R. Dianita/Rofiq Hidayat)

;