header-int

Songsong Masa Depan, HMPS MPI Selenggarakan Webinar Eksplorasi Potensi Diri di Era Society 5.0

Selasa, 12 Okt 2021, 18:29:03 WIB - 121 View
Share
Songsong Masa Depan, HMPS MPI Selenggarakan Webinar Eksplorasi Potensi Diri di Era Society 5.0

Selasa 12 Oktober 2021, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menyelenggarakan Seminar Nasional virtual bertajuk Eksplorasi Potensi Diri di Era Society 5.0 Guna Mendorong Perubahan Nasional: Progresif Yes, Degradatif No. 
Dalam sambutannya, Zainal Abidin, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, menyampaikan apresiasi kepada HMPS MPI yang berhasil menyelenggarakan Seminar Nasional.
“HMPS MPI telah bekerja dengan baik dalam menyiapkan dan melaksanakan seminar nasional ini. Salah satunya dengan menghadirkan narasumber hebat yang kaya wawasan dan pengalaman, seperti A. Malik Haramain, Ali Formen, dan Agung Ali Fahmi,” ungkapnya.
Ditemui di Gedung FTIK, M. Ihsan Nawawi, Ketua Umum HMPS MPI, menuturkan alasan pemilihan narasumber seminar ini. “Kami memang memilih narasumber-narasumber yang berkapasitas nasional. Sesuai namanya, ini kan seminar nasional,” ucapnnya. 
Sebagaimana diketahui, A. Malik Haramain adalah Anggota DPR RI 2009-2014 dan 2014-2019. Saat ini dia merupakan Staf Khsusus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Semasa mahasiswa, Malik merupakan Ketua Umum PB PMII tahun 2003-2005.
Sementara itu, lanjut Ihsan, Ali Formen adalah akademisi Universitas Negeri Semarang yang memiliki pengetahuan luas tentang tema Society 5.0. “Ali Formen meraih gelar Master (S2) di Monash University, Australia, dan Ph.D. di University of Auckland, New Zealand. Dia juga Wakil Sekretaris Umum Asosiasi Dosen Pergerakan. Karya-karyanya sangat banyak” imbuhnya.
Narasumber terakhir, Agung Ali Fahmi, adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Trunojoyo Madura. “Dengan posisi itu, Pak Agung paham betul bagaimana menyiapkan mahasiswa untuk bisa eksis di era society 5.0,” katanya. 
Di tempat yang sama, Mashudi, moderator Webinar, mengaku senang dengan terlaksanakan seminar. “Senang karena semua narasumber hadir. Senang karena peserta hampir mencarapai 200 orang dari bebera perguruan tinggi, bahkan dari luar luar Jawa seperti UIN Raden Intan Lampung,” ungkapnya. 
Pewarta: Mashudi
Editor: Haryono

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube